- iklan atas berita -

 

 

MetroTimes (Magelang) Dalam rangka menumbuhkan pola hidup sehat di masyarakat, Koramil 03/Bandongan bersama dengan staf Teritorial Kodim 0705/Magelang melaksanakan program Jambanisasi untuk disalurkan kepada warga masyarakat di wilayah Kecamatan Bandongan. Diantara yang mendapat bantuan dalam program tersebut adalah warga Dusun Kanci Desa Salamkanci Kecamatan Bandongan, Rabu (09/05).

Kegiatan dibidang teritorial sangat penting bagi masyarakat di wilayah guna mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar senantiasa terjalin kebersamaan baik dibidang pertahanan maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dalam hal ini Koramil 03/Bandongan menjalankan program dari satuan atas Kodim 0705/Magelang untuk ikut serta membantu program Jambanisasi di wilayahnya.

Guna menyukseskan program Jambanisasi tersebut, Babinsa sebagai ujung tombak satuan kewilayahan sebagai pelaksana tugas tersebut seperti yang di lakukan Serda Gunawan yang mendapat tugas di perintah langsung dari Danramil 03/Bandongan Kapten Arm Ahmad Syakir untuk mendata Desa binaannya dan melaporkan warga binaannya yang belum mempunyai jamban atau wc di rumah untuk di laporkan. Salah satu warga yg didata tersebut adalah bapak Satoto (50) yang berkesempatan mendapatkan jamban gratis dari Program TNI AD. Satoto yang sehari-harinya sebagai pekerja kasar di Dusun kanci Desa Salamkanci Kecamatan Bandongan selama ini belum mempunyai sarana MCK pribadi karena keterbatasan ekonomi, maka dengan di datanya dalam program jambanisasi ini Satoto sangat merasa senang.

ads

“Saya sangat berterimakasih kepada bapak Tentara yang begitu peduli dengan kesulitan warga masyarakat kecil seperti kami ini, bahkan untuk sarana kebersihan seperti urusan buang hajat masyarakat saja Tentara masih peduli, saya mengakui Tentara Indonesia memang luar biasa” ucap Satoto.

Selaku Danramil03/Bandongan Kapten Arm Ahmad Syakir menyampaikan, program jambanisasi seperti ini mungkin bagi sebagian orang dianggap sesuatu yang kurang berarti, namun kalau kita telaah lebih mendalam akan berpengaruh terhadap kondisi kehidupan masyarakat, karena dengan adanya jamban disetiap keluarga sanitasi keluarga dan lingkungan juga akan lebih baik, dengan begitu kualitas kesehatan masyarakat juga akan baik. Karena kemakmuran dan pertahanan suatu negara akan kuat apabila kualitas kesehatan masyarakatnya juga dalam kondisi baik, selain jiwa nasionalis yang kita tumbuhkan di masyarakat namun pola hidup sehat juga kita galakkan di masyarakat, karena negara akan kuat apa bila masarakatnya sehat. (Arif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!