- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Sebanyak 56 warga yang tidak memakai masker didenda Rp10 ribu oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Purworejo dalam razia terhadap warga tidak memakai masker di dua lokasih di Purworejo.

Kewajiban menggunakan masker tersebut diatur dalam Perbup No 44 Tahun 2020 atas perubahan Perbup No 27, 29 dan 37 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Purworejo. Razia digelar tim gabungan petugas dari Satpol PP dan Dinas Perdagangan di Pasar Hewan Batoh dan Pasar Tradisional Kutoarjo pada Kamis (16/7).

“Hari ini kita melakukan penegakan Perbup No 44 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan COVID-19 di Kabupaten Purworejo yang mana salah satu poinnya adalah kewajiban menggunakan masker,” kata Kepala Satpol PP dan Damkar Purworejo, Budi Wibowo di sela-sela razia, Kamis (16/7/20).

Berdasarkan ketentuan di Perbup itu warga yang tidak bermasker saat keluar rumah didenda Rp 50 ribu. Akan tetapi, karena hari ini merupakan hari pertama penerapan denda itu maka warga hanya diwajibkan membayar Rp10 ribu.

Uji coba penerapan denda ini digelar selama satu jam di Pasar Hewan Batoh dan Pasar Tradisional Kutoarjo. Ada puluhan warga yang terciduk tak bermasker di kedua lokasi tersebut.

ads

“Sesuai dengan Perbup bagi pelanggar akan didenda administrasi maksimal sebesar Rp 50 ribu. Namun para pelanggar kali ini baru didenda Rp 10 ribu saja kemudian kita edukasi pentingnya mematuhi protokol kesehatan dan kita beri masker juga biar dipakai. Tadi yang melanggar tidak memakai masker ada 56 orang,” lanjutnya.

Disebutkan bahwa denda administrasi ini akhirnya diterapkan karena sejak Maret 2020 masih banyak masyarakat yang bandel tak bermasker saat keluar rumah. Diharapkan dengan denda ini, warga menyadari pentingnya mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Corona. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!