- iklan atas berita -

METROTIMES, MANOKWARI – Tujuan kita selain untuk merekrut personel TNI Angkatan Darat, kita juga berusaha untuk menanamkan kesadaran bernegara khususnya kepada orang asli Papua. Karena persoalan di Papua ini panjang dan kita TNI Angkatan Darat punya peranan besar di negara ini.

Pernyataan ini disampakan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau selaku Ketua Tim, dihadapan anggota Tim Pemeriksa/Penguji (Rik/Uji) Tingkat Pusat Penerimaan Calon Tamtama (Cata) Prajurit Karier (PK) TNI Angkatan Darat (TNI AD) Gelombang II Tahun Anggaran (TA) 2019 wilayah Kodam XVIII/Kasuari, pada Sidang Pantukhir Tingkat Pusat yang digelar pada Selasa (26/11/2019) di Aula Makodam XVIII/Kasuari, Arfai I, Manokwari, Papua Barat.

Sidang Pantukhir Pusat tersebut diikuti 722 orang pemuda Calon Tamtama. Mereka terdiri dari 393 orang Putra Asli Daerah Papua (PADP), 307 Non Putra Asli Daerah Papua (NPADP), dan 22 orang warga pendatang. Melalui sidang ini rencananya akan diambil 317 orang untuk dididik menjadi Prajurit TNI AD berpangkat Prajurit Dua.

Lebih lanjut dikatakan Pangdam Kasuari, dalam proses seleksi masih banyak hal-hal yang perlu terus diperbaiki.

“Kita sudah berulang kali melakukan seleksi dan saya memimpin seleksi ini sudah tahun yang ketiga. Kita berusaha untuk memperbaiki dari tahun ke tahun, memperbaiki hasil-hasil seleksi untuk kepentingan TNI Angkatan Darat,” kata Mayjen Joppye.

ads

“Saya sering ingatkan kepada kita, kepada panitia, bahwa seleksi yang kita lakukan ini diarahkan untuk kepentingan TNI Angkatan Darat dan Negara Indonesia untuk jangka panjang ke depan,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Personel Kepala Staf Angkatan Darat (Aspers Kasad) Mayjen TNI Heri Wiranto, M.M., M.Tr.(Han) selaku Ketua Panitia Tingkat Pusat Penerimaan Cata PK TNI AD Gelombang II TA. 2019, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Brigjen TNI Sutjipto dari Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) selaku Wakil Ketua Tim Rik/Uji Tingkat Pusat Penerimaan Cata PK TNI AD Gelombang II TA. 2019 wilayah Kodam XVIII/Kasuari, secara khusus berharap agar kegiatan Pantukhir dimanfaatkan sebaik mungkin untuk melakukan pengecekan secara fisik, guna mendapatkan calon Tamtama yang berkualitas dan mampu bertugas sebagai garda terdepan, dalam melaksanakan tugas pokok sesuai dengan kebutuhan organisasi TNI.

Aspers Kasad juga berpesan agar sidang pemilihan Cata PK TNI AD tersebut dilaksanakan dengan baik, sekaligus agar dipastikan agar alokasi yang ditetapkan dapat terpenuhi.

“Utamakan kepentingan organisasi, laksanakan kegiatan sidang secara efektif dan efisien, serta tepati waktu pelaksanaan pelaporan hasil sidang,” kata Aspers Kasad Mayjen TNI Heri Wiranto. (HP/Kasuari18)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!