Santri Asal Kendal Yang Akan Berangkat ke Pesantren Mendapat Fasilitas Rapid Tes Gratis

0
1122
- iklan atas berita -

 

Metro Times Kendal – Sebanyak 1238 santri puta dan putri yang akan berangkat ke Pondok Pesantren (Ponpes) yang berada di Jawa Tengah dan Jawa Timur akan dilakukan rapid tes oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal dan Baznas Kendal.

Rencananya rapid tes akan terus dilakukan secara bertahap sesuai dengan jadwal masuk pesantren para santri.

Demikian disampaikan Kepala Dinkes Kendal Ferinando Rad Bonay usai melepas 2 bus rombongan santri yang akan berangkat ke Ponpes yang berada di Sarang Jawa Timur, sabtu (13/6/2020) pagi.

“Ini kami lakukan untuk menghindari penularan virus corona,” kata Ferinando.

ads

Dia mengatakan, fasilitas rapid tes dari Pemkab Kendal bagi santri asal Kendal yang akan berangkat ke pesantren dilakukan secara gratis.

Ia juga menegaskan, dari jumlah 1238 santri asal Kendal yang mondok di luar Kabupaten Kendal, hari ini ada 70 santri yang menjalani pemeriksaan rapid tes di Stadion Kebondalem Kendal.

“Santri-santri ini akan berangkat ke Ponpes Sarang Jawa Timur,” tegasnya.

Tak hanya menjalani rapid tes, Lanjut Ferinando, barang bawaan santri sebelum masuk bagasi bus juga dilakukan penyemprotan disinfektan terlebih dahulu.

Sementara itu, Bupati Kendal Mirna Annisa yang hadir dalam kesempatan tersebut, berpesan kepada para santri agar selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan selama di pondok pesantren.

Mirna juga menyampaikan, nantinya akan ada 15 ribu lebih santri yang ada di Kendal yang akan di rapid tes.

Sementara itu, Muhammad Turmudi salah seorang santri yang akan berangkat ke Ponpes Sarang, mengaku senang dengan pelaksanaan rapid tes bagi santri ini.

“Saya senang bisa ikut rapid tes meskipun sebelumnya saya sudah mencari surat keterangan sehat dari Puskesmas,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Muhammad Rifqi yang juga akan berangkat ke Ponpes Sarang Jawa Timur.

“Senang pak bisa rapid tes. Saya lebih percaya diri karena tidak ada virus dalam tubuh saya,” ungkapnya.

Pelaksanaan rapid tes dan pelepasan santri yang dilaksanakan di halaman Stadion Kebondalem Kendal yang disaksikan Bupati Kendal, Sekda Kendal, Ketua Baznas Kendal dan Kabag Kesra Kendal.

Ketua Baznas Kendal KH Ubaidillah mengatakan, Baznas Kendal memberikan bantuan berupa transportasi bagi para santri asal Kendal menuju ke Ponpes masing-masing.

“Baznas membantu transportasi bagi santri,” terangnya.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!