- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Mengingat pentingnya penanaman nilai-nilai perjuangan dan kebanggaan satuan bagi setiap anggota TNI. Prajurit Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad Purworejo melaksanakan tradisi satuan. Hal ini dilakukan merupakan wujud positif yang harus dilaksanakan di satuan Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad Purworejo, Jawa Tengah. Sabtu (17/2/2018).

Tradisi satuan tersebut diikuti sebanyak 131 orang prajurit baik Perwira, Bintara dan Tamtama yang dipimpin langsung oleh Danyonif Mekanis Raider 412 Kostrad Mayor Inf Iman Widhiarto, S.T., mereka semua pada dasarnya bukanlah warga yang baru masuk satuan saja, akan tetapi banyak dari pelaku tradisi ini yang telah berdinas lebih dari 1 tahun, namun karena sudah menjadi Protap Satuan untuk tetap melaksanakan tradisi satuan bagi semua prajurit yang belum melaksanakan tradisi satuan di Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad.

Kegiatan tradisi diawali dengan jalan sejauh 20 Km, yakni, dari Desa Bagelen Kabupaten Purworejo, sampai dengan masuk ke Asrama Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad. Sebelum masuk di kesatrian, para pelaku tradisi satuan disambut oleh prajurit dan perwakilan persit kartika chandra kirana ranting 3 Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad.

Pelaku Tradisi disambut dengan penyiraman bunga. Penciuman bendera tunggul satuan, menyanyikan mars Bharata Eka Shakti, serta mencium patung Bharata Eka Shakti dilapangan upacara dan minum air kelapa hijau. Dengan tujuan untuk membangkitkan semangat petarung prajurit Bharata Eka Shakti.

ads

Dengan adanya Tradisi satuan ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi prajurit dimasa yang akan datang. sehingga dapat menumbuh kembangkan rasa kecintaan dan kebanggaan terhadap satuan. Tradisi ini selain untuk memberikan semangat dalam melaksanakan tugas yang akan datang, juga untuk menanamkan rasa bangga dan pengakuan sebagai Prajurit Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad.

“Sikap disiplin yang merupakan napas kehidupan prajurit, saudara sehidup semati tidak saling menghianati satu sama lainnya, maka dengan itu harus benar-benar melekat dalam jiwa danĀ  menjadi bagian hidup sebagai Prajurit TNI AD khususnya prajurit Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad”.

Dikatakan Danyonif Mekanis Raider 412 Kostra, Bahwa kegiatan tradisi satuan ini adalah merupakan kegiatan turun temurun yang di wariskan para pendahulu kita dalam sendi kehidupan di satuan Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad. Hal ini bertujuan untuk menanamkan jiwa korsa, soliditas dan semangat pengabdian serta menumbuhkan rasa bangga sebagai prajurit Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad. Dengan semangat pegabdian yang tinggi kelak terwujud keberhasilan prajurit dalam menggemban tugas pokok menjaga keutuhan NKRI. Kata Danyonif. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!