- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Anggota Komisi IV DPR RI fraksi PDI Perjuangan Dapil Jawa Tengah VI (Kota Magelang, Kab. Magelang, Temanggung, Wonosobo, dan Purworejo), bersama Nelayan di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar ritual sedekah laut dengan melarung puluhan tumpeng ke laut selatan, tepatnya di Pantai Dewaruci, Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Kamis (27/07) sore.

“Tradisi ritual sedekah laut merupakan bentuk rasa syukur atas berkah dan rezeki dari hasil laut yang selama ini menjadi sumber penghasilan para nelayan,” ucap Vita Ervina, kepada para awak media di lokasi ritual sedekah laut.

Selain itu, kata Vita Ervina, ritual sedekah laut yang dilaksanakan para nelayan di Kabupaten Purworejo ini merupakan wujud kebersamaan masyarakat pesisir dalam nguri – nguri budaya dan melestarikan adat budaya lokal yang rutin diadakan di setiap awal – awal bulan Muharam atau bulan Suro.

“Selain mengikuti ritual sedekah laut, pada kesempatan yang sama, saya selaku anggota Komisi IV DPR RI bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), akan terus memberikan dukungan yang nyata bagi para nelayan dalam bentuk sarana dan prasarana pendukung penangkapan ikan, mulai dari alat penangkap ikan, mesin kapal ikan, alat pendeteksi ikan (fish finder), hingga akan di realisasikan program kampung nelayan maju (Kelaju). Harapannya apa, yaitu bisa meningkatkan kesejahteraan dan memberikan kemajuan bagi para nelayan di Kabupaten Purworejo,” kata Vita (sapaan akrab Vita Ervina).

ads

“Semoga sepanjang waktu mendatang hasil laut akan tetap berlimpah, memberi keberkahan bagi masyarakat nelayan, dan juga selalu diberi keselamatan, kesehatan, dan dijauhkan dari marabahaya,” imbuhnya.

Sementara Kepala Desa Jatimalang, Suwarto menjelaskan, ritual sedekah laut ini digelar sebagai bentuk syukur para nelayan atas limpahan hasil laut yang selama ini didapatkannya. Selain itu, juga sebagai bentuk doa agar hasil tangkapan ikan ke depannya semakin melimpah.

Ditambahkannya, masih menurut Suwarto, puluhan tumpeng beserta dengan ubo rampenya yang diantaranya tumpeng, ingkung, ayam jago jenis jali, hasil bumi, serta bunga tujuh rupa ke lautan.

“Saya mewakili para nelayan Kabupaten Purworejo dan masyarakat Desa Jatimalang, mengucapkan terimakasih atas kehadiran Mbak Vita Ervina dalam ritual sedekah laut ini. Karena, selama ini para nelayan di wilayah saya merasa terbantu atas bantuan-bantuan aspirasi yang diberikannya,” terang Suwarto.

Ritual sedekah laut di Kabupaten Purworejo ini memang sengaja dilaksanakan pada bulan Suro dan bertepatan di malam Jumat Kliwon karena ada hitungannya. Yakni, ada 40 ancak, yang dilarung ada satu ancak, yang 39 diperebutkan oleh para warga sekitar.

Hadir dalam ritual sedekah laut ini diantaranya adalah anggota Komisi IV DPR RI, KKP, Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Kabupaten Purworejo, Camat, Danpos AL, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa, Nelayan dan warga masyarakat. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!