- iklan atas berita -

           Metro Times (Surabaya) – Wakil Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Wadan Kodikopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) Kolonel Laut (P) Phundi Rusbandi mewakili Komandan Kodikopsla Kodiklatal Laksamana Pertama TNIIrwan Achmadi, M.Tr, (Han), secara resmi menutup Pendidikan Brevet Komando Pasukan Katak (Dikbrevet Kopaska) TNI AL angkatanke- 42 tahun anggaran 2018 yang digelar dilapangan Apel Sekolah Komando Pasukan Katak (Sekopaska) Kesatrian Kodikopsla Kodiklatal, Ujung, Surabaya

Dikkopaska TNI AL angkatan ke-42 ini diikuti 25 prajurit TNI AL dari berbagai Kotama berpangkat Perwira Pertama, Bintara dan Tamtama sebelumnya telah menempuh pendidikan selama sepuluh bulan di Sekolah Komando Pasukan Katak (Sekopaska) yang berada dibawah Pusat Pendidikan Khusus (Pusdiksus) Kodikopsla Kodiklatal.

Komandan Kodikopsla Kodiklatal Laksamana Pertama TNIIrwan Achmadi, M.Tr, (Han)., dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodikopsla Kolonel Laut (P) Phundi Rusbandi menyampaikan bahwa pendidikan Brevet Kopaska mempunyai tujuan dan sasaran untuk membentuk prajurit TNI AL yang berkualifikasi Komando Pasukan Katak yang memiliki sikap dan mental Pancasila, Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta memiliki kecakapan dan kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas khusus aspek laut yang mencakup operasi intelijen maritim, penyusupan dan penghancuran sasaran melalui laut.

 Lebih lanjut dikatakan Kopaska merupakan pasukan khusus yang mampu berperan ganda, disamping melaksanakan tugas intelijen, Kopaska juga mampu melakukan pembersihan bawah air untuk melemahkan kekuatan musuh, terutama untuk mendukung operasi amphibi dan peperangan laut khusus. Menurutnya dengan kemampuan yang dimilki, prajurit Kopaska diharapkan mampu mendekati sasaran operasi baik melalui darat, udara, permukaan air maupun dari bawah air secara senyap tanpa diketahui pihak musush.

ads

Kepada seluruh mantan siswa, Pati bintang satu dipundak ini mengucapkan selamat dan bangga atas keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan pendidikan ini dengan baik. Dankodikopsla ini berharap agar bekal pengetahuan dasar Komando Pasukan Katak yang didapatkan hendaknya selalu dikembangkan lebih lanjut di kesatuan agar mampu meningkatkan profesionalisme sebagai anggota Kopaska TNI AL..

 Diakhir amanat tertulisnya, Komandan Kodikopsla juga mengingatkan kepada para mantan siswa Dikkopaska agar terus berusaha untuk belajar dan berlatih secara rutin, karena pendidikan yang dijalani baru merupakan pendidikan dasar yang harus terus menerus dikembangkan melalui latihan-latihan yang berlanjut di kesatuan nantinya.

 Upacara penutupan pendidikan ditandai dengan prosesi penyematan Brevet, pemasangan baret dan penyerahan sertifikat pendidikan Kopaska TNI AL oleh Irup kepada perwakilan mantan siswa Dikkopaska angkatan 42 tahun anggaran 2018. Upacara juga dihadiri oleh para Komandan Pusdik, Komandan Sekolah Instruktur, para Perwira Staf dan undangan.(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!