- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – TNI Angkatan Laut kembali menghipnotis masyarakat Kota Surabaya lewat sejumlah demo atraktif yang mewarnai acara Kirab Kota , yang digelar di area Tugu Pahlawan tepatnya di depan Kantor Gubernur Jawa Timur pada Minggu (17/9/2023).

Acara Kirab Kota merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-78 TNI AL yang jatuh pada tanggal 10 September 2023. Mengusung tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, Kirab Kota dibuka oleh Komandan Kodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono mewakili Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, didampingi Sekdaprov Jatim Adhy Karyono mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, para Pangkotama TNI AL di Surabaya, serta pejabat TNI di Surabaya.

Tercatat 13 kontingen menjadi peserta pawai kirab yaitu Kontingen AAL, Kodiklatal, Puspenerbal, Koarmada II, dan Marinir. Sedangkan diluar TNI AL ada Kontingen Gabungan TNI, Instansi Kemaritiman, Komunitas Seni Budaya, juga siswa siswi dari sekolah-sekolah di jajaran Yayasan Hang Tuah, SMA Taruna Nala dan SMA Taruna Madani. Seluruh kontingen menempuh jarak 3 kilometer yang melewati rute Jalan Pahlawan , Jalan Gemblongan, Jalan Tunjungan dan berakhir di Jalan Gubernur Suryo atau Grahadi.

Setiap kontingen tampil dengan ciri khas masing-masing, seperti AAL menampilkan GS Gita Jala Taruna, Koarmada II dengan para Pasukan Khusus TNI AL, Marinir dengan para pasukan Taifib dan kendaraan tempur serta taktisnya. Melengkapi kemeriahan Kirab Kota, prajurit Rajawali Laut dari Puspenerbal menampilkan aksi flypass dengan helikopter Bell-505, sementara tujuh penerjun profesional dari Taifib Marinir tampil dengan aksi terjun payung di langit Surabaya. Terakhir sebagai penutup, masyarakat dihibur oleh Campursari Tirto Gumelar Kodiklatal dan Raksa Band Marinir.

ads

Dalam sambutannya Dankodiklatal menyampaikan jika tujuan Kirab Kota adalah mengenalkan TNI Angkatan Laut kepada masyarakat khususnya generasi muda, bahwa Surabaya selain sebagai Kota Pahlawan, juga sebagai Kota Angkatan Laut karena memiliki pangkalan angkatan laut yang terbesar di Indonesia.

Selain itu menurut Dankodiklatal, Kirab Kota yang baru pertama kali diselenggarakan oleh TNI AL melalui Kodiklatal ini, juga sebagai upaya untuk lebih mendekatkan TNI AL kepada masyarakat Surabaya dan sekitarnya agar memiliki rasa kebanggaan terhadap TNI khususnya TNI AL, sehingga meningkatkan jiwa nasionalisme dan kejuangan dari para pemuda.

“Yang pada akhirnya dapat meningkatkan ketertarikan untuk bergabung menjadi TNI khususnya bagi generasi muda,” ujar Letjen TNI Marinir Suhartono.

Disisi lain Sekdaprov Jatim sangat menyambut baik acara Kirab Kota Surabaya dimana satu-satunya acara HUT TNI AL diadakan meriah sehingga masyarakat Surabaya merasa bersyukur dan berterima kasih bisa melihat atraksi dan semua kekuatan (TNI AL) yang selama ini tidak bisa dilihat begitu saja. “Ini menandakan Kota Surabaya benar-benar adalah Kota Maritim , Kota Angkatan Laut. Semoga bisa dilaksanakan lagi di lain waktu dan tempat. Hal ini (Kirab Kota) menunjukkan TNI AL menyatu dengan masyarakat,” tutur Bapak Adhy Karyono.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!