- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Upacara Sedekah Bumi dipercaya berawal dari penyebaran agama Islam di tanah Jawa dengan media wayang kulit oleh Sunan Kalijaga. Dalam pagelaran wayang kulit tersebut diselipkan makna atau pesan-pesan tentang materi keislaman yang mudah dimengerti oleh masyarakat awam.

Warga RW. 02, Dukuh Sawo Kel.Bringin Kec.Sambikerep Kota Surabaya pada hari Minggu pagi jam 09.00 (24 /9/2023) antusias menggelar kegiatan budaya Sedekah Bumi, sebagai rasa ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

H. Yunus, S.Pd. Caleg Partai Demokrat Kota Surabaya Dapil 5 No.urut 10

 

Menurut Tokoh masyarakat Dukuh Sawo Kel. Beringin H. Yunus, S.Pd., Tradisi sedekah bumi dilakukan sebagai perwujudan wujud rasa syukur kepada Tuhan atas limpahan rahmat akan hasil bumi. Pada era modern saat ini suatu budaya atau tradisi harus disesuaikan dengan arus global agar kelanggengan dari suatu budaya atau tradisi tetap terjaga.

ads

“Tradisi Sedekah Bumi ini hampir tiap tahun diadakan oleh warga dengan antusias. Warga bergotong-royong mulai bersih-bersih desa, mengadakan karnaval, juga menggelar Reog Ponorogo dan Jaranan, terang Yunus Caleg dari Partai Demokrat kota surabaya Dapil 5 No.urut 10.

“Selain sebagai rasa syukur kepada sang pencipta, sedekah bumi ini juga sebagai wujud pelestarian budaya yang sudah dilakukan turun- temurun, kata mbah-mbah dulu Sedekah Bumi dapat menolak balak atau menjauhkan dari musibah karena Sedekah Bumi sama dengan memberi sodaqoh,” kata Yunus di sela-sela acara.

Kegiatan sedekah bumi biayanya merupakan swadaya masyarakat dan dibantu oleh Pemkot Kota Surabaya melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!