- iklan atas berita -

Metro Times (Banjarnegara) BPJS Kesehatan terus berkomitmen untuk memberikan akses pelayanan yang lebih mudah bagi masyarakat, salah satunya dengan menghadirkan layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banjarnegara. Masyarakat Banjarnegara dapat memanfaatkan layanan ini untuk pengurusan administrasi kepesertaan porgam JKN. Hal ini disamapaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Dany Saputro usai penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pada Mall Pelayanan Publik Kabupaten Banjarnegara pada Rabu (08/11).

“Kami sangat mengapresiasi pemerintah Kabupaten Banjarnegara yang telah membuka MPP Kabupaten Banjarnegara. Kami juga siap mendukung untuk memberikan pelayanan di MPP Banjarnegara,” ungkap Dany.

Dany mengatakan hadirnya layanan kepesertaan JKN pada MPP Banjarnegara diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan JKN. Pelayanan yang dapat diakses oleh peserta JKN diantaranya adalah perubahan data dan identitas, perpindahan jenis kepesertaan, pendaftaran baru peserta mandiri dan peserta Pekerjaan Penerima Upah (PPU) , penambahan anggota keluarga, pengaduan dan permintaan informasi.

“Kami yakin masyarakat akan lebih mudah karena di MPP ini juga ada pelayanan publik lainnya. Apabila ada kendala terkait data kependudukan saat pengurusan administrasi JKN, masyarakat bisa langsung ke loket layanan Dukcapil,” ucapnya.

Dany juga memastikan pelayanan administrasi kepesertaan di Kantor Kabupaten BPJS Kesehatan tetap dibuka seperti biasa. Sebagai alternatif layanan, masyarakat juga dapat memanfaatkan kanal layanan non tatap muka. Layanan non tatap muka tersebut diantaranya Chat Asistant JKN (CHIKA) di nomor 08118750400, BPJS Kesehatan Care Center 165 dan Aplikasi Mobile JKN. Pada Aplikasi Mobile JKN, peserta dapat memanfaatkan beragam fitur mulai dari fitur perubahan data, pengecekan data, pengambilan nomor antrean online, KIS Digital dan fitur-fitur bermanfaat lainnya.

ads

Sementara itu, Pj. Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas dukungan sepuluh instansi, salah satunya BPJS Kesehatan yang akan membuka pelayanan di MPP Kabupaten Banjarnegara. Peluncuran MPP Kabupaten Banjarnegara merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Banjarnegara untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan publik termasuk diantaranya layanan administrasi kepesertaan JKN.

“Hadirnya MPP Kabupaten Banjarnegara ini tentunya diharapkan dapat menghadirkan pelayanan kepada masyarakat dengan mudah, cepat, tepat dan biaya murah,” ucapnya.

Tri Harso juga menyampaikan nota kesepakatan bersama merupakan landasan hukum bersama bagi penyelenggaraan pelayanan di MPP Kabupaten Banjarenegara. Pihaknya selalu terbuka terhadap hal-hal yang perlu dibenahi untuk memberikan layanan terbaik. Ia juga berharap instansi lain yang belum bergabung di MPP Kabupaten Banjarnegara dapat segera bergabung untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan.

“Penandatanganan nota kesepakatan bersama ini tidak hanya dijadikan seremonial belaka, namun juga komitmen bersama untuk Memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Banjarnegara,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Biro Pemerintahan, Otonomi Daerah dan Kerjasama Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, Muhamad Masrofi mennyampaikan penyelenggaraan MPP didasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 89 Tahun 2021 Tentan Mal Pelayanan Publik. MPP merupakan pengintegrasian layanan publik yang diberikan oleh kementerian, lembaga, BUMN, BUMD dan instansi publik lainnya. MPP juga merupakan merupakan alternatif bagi masyarakat untuk mengakses pelayanan publik. Dengan adanya pelayanan di MPP Banjarnegara ini dirinya berharap kualitas pelayanan juga dapat terus ditingkatkan.

“Bukan hanya pengalihan tempat layanan dari sebelumnya di kantor kemudian di MPP, kami harap kualitas layanan juga dapat ditingkatkan. Masyarakat dapat tuntas mengurus urusannya tanpa wara wiri, cukup di MPP sudah selesai,” ungkapnya.

Selain BPJS Kesehatan, terdapat sembilan instansi vertikal lain yang turut hadir di MPP Kabupaten Banjarnegara. Instansi tersebut adalah Bank Jateng, BPJS Ketenagakerjaan, Kantor Pelayanan Pajak, Kepolisian Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kementerian Agama, Badan Pertanahan Nasional, PT Taspen, dan instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!