- iklan atas berita -

Sairdekut menyampaikan, ada 15 program kerja DPRD Maluku yang diagendakan dalam masa sidang II tahun 2024.

“Agenda DPRD Maluku yang diagendakan oleh Badan Musyawarah pagi tadi, pertama, penutupan masa sidang I tahun sidang 2023-2024. Kedua, penyampaian aspirasi ke pemerintah pusat,” kata Melkianus Sairdekut saat memimpin paripurna tersebut didampingi Ketua DPRD, Benhur Watubun.

Selanjutnya agenda ketiga, penyampaian laporan kinerja secara tertulis oleh masing- masing alat kelengkapan dewan.

Keempat, paripurna dewan dalam rangka penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propam Perda) tahun 2024.

ads

Kelima, pembahasan dan persetujuan penetapan Ranperda menjadi Perda. Keenam, pengawasan terhadap APBD dan APBN Tahun Anggaran (TA) 2023 di Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku.

Ketujuh, verifikasi surat-surat masuk. Kedelapan, paripurna penyampaian Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Maluku tahun 2023.

Kesembilan, paripurna penyampaian laporan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan pemerintah daerah TA 2023.

10, rapat-rapat alat kelengkapan DPRD provinsi Maluku. 11, rapat-rapat panitia khusus (Pansus) DPRD Provinsi Maluku. 12, rapat-rapat paripurna. 13, agenda lain sesuai dengan kebutuhan dan penugasan. 14, reses masa persidangan II tahun sidang 2024. 15, penutupan masa sidang II tahun sidang 2024, sekaligus pembukaan masa sidang III tahun sidang 2024.

“Berdasarkan program kerja yang telah diagendakan tersebut, maka dengan ini masa sidang II tahun sidang 2024 saya nyatakan dibuka secara resmi,” kata Sairdekut.

Menurut dia, menjadi harapan bersama terutama masyarakat, agar dari waktu ke waktu kinerja lembaga rakyat itu terus meningkat, seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat yang dipercayakan untuk diperjuangkan oleh wakil-wakilnya di DPRD Provinsi Maluku.

“Atas dasar itulah, kita selalu memiliki keyakinan bahwa berbagai persoalan mendesak yang kita hadapi, baik pada saat ini maupun masa mendatang, akan dapat kita selesaikan secara bersama,” ujarnya.

Dia mengatakan, mereka memiliki waktu yang relatif sedikit untuk menyelesaikan begitu banyak agenda yang telah disepakati. Olehnya itu, konsistensi seluruh alat kelengkapan dewan dalam menyelesaikan seluruh agenda tersebut mutlak diperlukan.

Dia mengakui, disadari sungguh bahwa pelaksanaan agenda pemilihan presiden dan anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota yang hanya tersisa 35 hari lagi akan menyita banyak energi dari seluruh anggota DPRD Provinsi Maluku.

Untuk itu, sebagai Pimpinan DPRD Provinsi Maluku, dirinya mendoakan seluruh proses tersebut dapat berjalan dengan baik, dengan satu keyakinan, segala sesuatu akan indah pada waktunya.

“Akhirnya, atas nama Pimpinan DPRD Provinsi Maluku menyampaikan terimakasih atas hubungan baik dan kerjasama yang terbina selama ini, dan semoga akan terus kita tingkatkan dari waktu ke waktu. Dengan demikian, secara bersama sama kita akan membawa masyarakat dan daerah ini ke arah yang lebih baik, demi tercapainya cita-cita bersama untuk menciptakan daerah Maluku yang aman, damai dan sejahtera,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!