- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Kondisi kantor Kelurahan Kledung Karangdalem Kecamatan Banyuurip yang mengalami sejumlah kerusakan akibat usia yang terlalu tua menjadi perhatian Bupati Purworejo, Agus Bastian SE MM. Pihaknya pun berjanji akan merealisasikan pembangunan kantor yang terletak di Jalan Majapahit nomor 67 tersebut pada tahun 2023.

Pernyataan janji tersebut disampaikan Agus Bastian dalam kegiatan Bupati Saba Desa (BSD) di Kantor Kelurahan Kledung Karangdalem, Rabu (28/9).

“Kalau kita melihat bangunan kelurahan ini, sepertinya sudah kurang layak. Jadi insya-Allah saya programkan tahun 2023 kantor kelurahan Kledung Karangdalem ini akan kita bangun,” katanya.

Diketahui, Kledung Karangdalem menjadi lokasi pertama yang dikunjungi oleh Bupati Purworejo dalam rangakaian BSD di wilayah Kecamatan bBanyuurip hari itu. Selanjutnya Bupati beserta rombongan mengunjungi Desa Condongsari, Desa Candingasinan, Desa Pakisrejo, dan Desa Tegalrejo.
Di Kledung Karangdalem, Bupati juga menyempatkan diri untuk meninjau sejumlah kerusakan yang terdapat di dalam kantor kelurahan.

“Kalau tidak saba desa ya saya jadi tidak tahu kebutuhan kelurahan atau desa untuk memenuhi pelayanan yang optimal kepada masyarakat ,” terang Bupati.

ads

Sementara itu, Plt Lurah Kledung Karangdalem, Taufik Hidayah SE MAP, mengaku senang karena akhirnya rehab kantor kelurahan bakal terealisasi. Menurutnya, usulan rehab kantor sudah dilakukan sejak lama. Bahkan, pada tahun 2018 sudah sempat dilakukan identifikasi kerusakan oleh pemerintah kabupaten. Namun, realisasi pembangunan tak kunjung dilakukan.

“Yang paling darurat itu antara lain di ruang PKK, atapnya sudah miring, ambrol, dan membahayakan. Usulan dari dulu kita minta rehab total karena kondisinya sudah kurang layak,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, janji dari Bupati Purworejo untuk melakukan pembangunan pada tahun 2023, dapat betul-betul terealisasi.
“Semoga bias terlaksana sehingga kami bias memberikan pelayanan kepada masayarakat yang lebih optimal,” harapnya.

Lebih lanjut Taufik Hidayah menyampaikan bahwa Kledung Karangdalem memiliki luas wilayah 179,868 Ha yang terbagi menjadi 4 RW dan 17 RT. Kendati berstatus kelurahan, Kledung Karangdalem memiliki lahan pertanian seluas lebih kurang 111,69 Ha dengan berbagai hasil pertanian. Pada bidang industri dan UMKM, wilayahnya memiliki beragam potensi, seperti ternak kambing lumut sutrea yang sudah pernah dikunjungi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo serta industri makanan olahan rumah tangga, serta kerajinan.

Ada dua program inovatif warga yang telah berjalan, dua diantaranya adalah Rintisan Kampung Olahraga dan Pasar Dalling.

“Kami juga melakukan pelatihan-pelatihan dalam rangka pemberdayaan masyarakat, seperti pelatihan membatik, pembibitan, kader Posyandu Posbindu PKK, penanggulangan dan pengurangan risiko bencana, serta pelatihan merajut,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!