- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Para wisatawan yang ingin berlibur di Kabupaten Purworejo kini tidak perlu khawatir untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata yang sulit diakses menggunakan transportasi kendaraan roda empat. Paguyuban Ojek Online (Ojol) Cah Purworejo Perantauan (CPP) kini berinovasi memberikan layanan khusus berupa paket wisata bernama “Tour Motoring” dengan layanan lengkap dan tarif terjangkau.

Tour perdana diawali dengan event bertajuk “Dolan Bareng CPP” dengan tujuan utama objek wisata Goa Sepalawan dan sejumlah destinasi lain di wilayah Kecamatan Kaligesing pada Sabtu (31/12). Puluhan peserta tour yang tergabung dalam tim Duta Wisata Purworejo secara simbolis dilepas oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo, Stephanus Aan Isa Nugroho, bersama Kabid Destinasi Wisata, Agung Pranoto, di kawasan  Art Center dan Alun-alun Purworejo.

Koordinator Tim Duta Wisata Purworejo, Muhammad Nur Azis Prabowo (27), menyebut Tour Motoring ke Goa Seplawan menjadi yang perdana pasca peluncuran paket wisata pada pertengahan Desember 2022 lalu. Adanya layanan ini diharapkan dapat memudahkan para wisatawan untuk mengunjungi sejumlah objek wisata di kabupaten Purworejo, khususnya yang sulit dijangkau menggunakan kendaraan roda empat.

“Kemarin secara mandiri kami sudah melakukan uji paket wisata dan hari ini bertepatan dengan momentum liburan akhir tahun kita akan kembali melakukan dengan jumlah peserta yang lebih banyak,” sebutnya.

ads

Menurutnya, Goa Seplawan menjadi tujuan Tour Motoring mengingat aksesnya yang cukup menantang jika dikunjungi menggunakan transportasi roda empat. Selain Goa Seplawan, peserta juga akan diajak untuk mengeksplor sejumlah destinasi di sekitarnya, termasuk mengunjungi peternakan Kambing Etawa dan Rumah Kopi Donorejo.

“Kita juga punya misi untuk turut mengenalkan Goa Seplawan sebagai destinasi wisata yang memiliki sejarah  tinggi dan sebagai ikon Purworejo. Jadi ini sekaligus mempromosikan wisata lokal,” jelasnya.

Selain Goa Seplawan yang masuk trip Menoreh, lanjutnya, Ojol CPP juga melayani sejumlah trip lain ke berbagai lokasi wisata, mulai Kecamatan Purwodadi, Kemiri, Bener, hingga Bruno. Ada pula paket khusus trip Heritage di wilayah perkotaan Purworejo.

Untuk mengunakan layanan paket wisata Ojol CPP, wisatawan tidak dibebani biaya yang tinggi. Tarif ke luar wilayah perkotaan seperti Goa Seplawan dipatok Rp250 ribu, sedangkan untuk trip heritage hanya Rp150 ribu. Terkait keamanan, wisatawan tak perlu khawatir karena sejumlah driver sudah dibekali kemampuan safety riding serta bersertifikat tour guide. Jadi,

“Itu sudah include driver, BBM, tiket, dan parkir. Untuk awalan kita memang tidak mematok tarif tinggi. Kelebihan pakai motor ini, wisatawan lebih efisien dan fleksibel untuk mengeksplor wisata,” lanjutnya.

Lebih lanjut Nur Azis menyampaikan bahwa dalam paket wisata tersebut, sekitar 15 driver yang resmi tergabung dalam Ojol CPP telah menggandeng kerja sama dengan stakeholder terkait, khususnya Dinporapar dan pengelola Pokdarwis di setiap lokasi wisata.

“Termasuk beberapa pusat oleh-oleh dan beberapa produksi makanan lokal. Kita terus berkembang untuk menggandeng hotel, mulai dari yang dekat Bandara YIa sampai di sekitar Purworejo ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinporapar saat dikonfirmasi melalui Agung Pranoto mengapresiasi adanya realisasi paket wisata oleh Ojol CPP. Sebelumnya, gagasan paket wisata tersebut telah dikomunikasikan dengan Dinporapar

“Teman-teman ojek online dan CPP ini bisa membawa wisatawan ke berbagai lokasi wisata. Mereka bisa ditelepon. Makanya kami dorong untuk menyusun paket sendiri karena potensinya cukup besar,” katanya.

Pihaknya mengakui bahwa masih ada destinasi wisata yang cukup sulit dijangkau menggunakan kendaraan besar. Sepalwan salah satunya. Karena itu, keberadaan Ojol CPP sangat membantu mengantarkan wisatawan yang memiliki kendala transportasi.

“Kita juga punya tagline Ayo Dolan Seplawan. Ini mengajak masyarakat untuk menegok kembali Seplawan. Destinasi wisata yang dikelola Pemda lainnya secara geografis lebih gampang diakses, tapi Seplawan memang harus jadi perhatian karena butuh effort (upaya) untuk ke sana,” ungkapnya.

Selain Ojol CPP, Dinporapar juga terus menggandeng komunitas lain, kalangan pelaku wisata, dan perguruan tinggi untuk turut mengenalkan wisata Purworejo hingga membuat paket wisata khusus. Sementara untuk mendukung kenyamanan pengunjung, sejumlah fasilitas destinasi wisata terus dibenahi.

“Seperti di Sepawan ini juga mulai kita tata. Informasi dan sejarah tentang Goa Seplawan yang semula masih minim, sekarang sudah kita lengkapi. Di depan musala juga sudah kita beri kursi. Ini untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung,” terangnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!