- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) — Dalam rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-59 Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) Tahun 2022, terasa istimewa bagi prajurit Kowal yang berdinas di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) kerena mendapat kuliah tentang Pengembangan Kepribadian dari Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., Selasa (25/1).

Kuliah Pengembangan Kepribadian yang dilaksanakan di Auditorium Gedung R Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Puslatopsla) Kodiklatal Bumimoro ini diikuti 215 personel Kowal terdiri prajurit Kodiklatal dan siswa Kowal yang sedang menempuh pendidikan di Kodiklatal.

Hadir acara tersebut Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat dan Wadan kodiklatal Laksamana Muda Agus Hariadi, para direktur Kodiklatal dan para Komandan Kodik dijajaran Kodiklatal. Sementara dari Pemerintah Provinsi Jatim hadir Kepala Bakesbangpol, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3 AK).

Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jatim atas kesediaannya hadir di Kodiklatal dan berkenan memberikan materi dan wawasan pengetahuan berkaitan dengan pengembangan kepribadian kepada seluruh anggota Kodiklatal dan siswa Kowal yang sedang menimba ilmu.

ads

Dikatakan Dankodiklat TNI AL bahwa pengalaman Ibu Gubernur Jatim selama berorganisasi baik di pemeritahan pusat maupun daerah, semoga dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi para prajurit Kowal yang saat ini sedang berdinas di Kodiklatal maupun para siswa Kowal.

Sementara itu, Gubernur Jatim dalam ceramahnya menyampaikan bahwa para wanita bisa mengembangkan kemampuan dirinya melalui berbagai kegiatan organisasi. Dalam berorganisasi akan didapat manfaat yang cukup besar, seperti dirinya yang senang dalam kegiatan organisasi masyarakat salah satunya organiasi massa sebagai Ketua Umum Muslimat NU. Pengalaman dalam berorganisasi dapat diterapkan ketika mengembang tugas berbagai jabatan di perintahan baik pusat maupun daerah.

Berbagai jabatan yang pernah dipegangnya Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., sejak tahun 1992 yakni antara lain, Pimpinan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan DPR RI, Pimpinan Komisi VIII DPR RI, Anggota Komisi II DPR RI dan Wakil Ketua DPR RI, Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa MPR RI, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, Ketua Komisi VII DPR RI, Fraksi Kebangkitan Bangsa MPR RI, Anggota Komisi VII DPR RI, Menteri Sosial Kabinet Kerja dan menjadi Gubernur Jawa Timur sejak tahun 2019.

Menurutnya bahwa peran wanita Indonesia dalam ikut perjuangan bangsa dijiwai semangat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, dimana waktu ditindaklanjuti dengan Kongres Wanita Indonesia (Kowani) pada tanggal 22 Desember 1928 Di Yogyakarta. Tujuannya untuk memperjuangakan perbaikan derajat kedudukan wanita juga memperjuangkan kemerdekaan, mempertahankan dan mengisi pembangunan bangsa dan negara

Kegiatan sehari yang diperuntukan Kowal ini dengan maksud menambah wawasan bagi Kowal Kodiklatal. selain diisi ceramah tentang pengembangan kepribadian dari Gubernur Jawa Timur, juga diisi dengan pembekalan Kadispsial Laksma TNI Dr. Wiwin Dwi Handayani M.Si. Psikolog, CHRMP., pembekalan Public Speaking oleh pakar komunikasi Dr Suko Widodo, Drs. M.Si dari Unair Surabaya dan pembekalan dari Ketua Gabungan Jalasenastri Ny. Titi Nurhidayat. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!