- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Pengurus Wilayah (Pengwil) Jawa Timur Ikatan Notaris Indonesia (INI) melaksanakan pelantikan dan pengukuhan Pengurus Wilayah Jawa Timur masa periode 2023-2026, di Dyandra Convention Hall Surabaya, Selasa 30 Januari 2024.

Sebanyak 300 pengurus wilayah dan 100 kelompok kerja (Pokja) di lantik langsung oleh Dr. Isy Karimah Syakir S.H. M.Kn. M.H., Ketua Pengwil Jatim INI yang baru terpilih tanggal 9 Januari 2024 dan di hadiri Wakil Gubenur Jawa TimurTimur, Emil Elestianto Dardak, Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Heni Yuwono.

 

ads

Ketua Pengwil Jatim INI Dr. Isy Karimah Syakir, S.H. M.Kn. M.H., menyampaikan, Pelantikan pengurus itu sesuai dengan anggaran dasar rumah tangga perkumpulan harus dibentuk maksimal 1 bulan, setelah ketua terpilih.

“Yang di lantik untuk pengurus wilayah kurang lebih 300-an, untuk pokja kurang lebih 100 pokja (kelompok kerja),” terang Isy Karimah Syakir, (30/01/24).

Isy mengatakan, program kedepan ya tentunya mencapai profesionalitas jabatan Notaris.

“Yang kita tingkatkan banyak sekali, makanya Rakerwil INI ingin mendengarkan proram kerja semua bidang dan tentunya nanti dari para ketua bidang apa programnya,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Heni Yuwono, dalam sambutanya, Saya ucapkan selamat kepada Ibu Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia Wilayah Jawa Timur yang beberapa waktu yang lalu telah dilantik. Dan juga saya ucapkan kepada seluruh Pengurus Ikatan Notaris Indonesia wilayah Jawa Timur yang hari ini dilantik oleh Ibu Ketua Pengwil INI Jawa Timur, selamat bekerja.

“Berikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. Selalu jaga kerukunan dan kebersamaan. Mari kita sama-sama berjanji, di Jawa Timur ini kita buktikan bahwa disini aman, tenteram, dan damai, sehingga INI Jawa Timur dapat menjadi contoh bagi Ikatan Notaris Indonesia di wilayah lain di seluruh Indonesia,” ucap Heni Yuwono.

“Bukan Justru malah menimbulkan keresahan dan kegalauan datam interaksi sesama anggota,” imbuh Heni.

Lanjut Heni, Konferwil Ikatan Notaris Indonesia (INI) Jawa Timur yang dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2024 yang lalu telah menunjukkan kepada semua khalayak bahwa Notaris Jawa Timur sangat dewasa dalam berorganisasi.

“Karena dalam kondisi PP INI yang masih berupaya menyelesaikan konflik yang terjadi, INI wilayah Jawa Timur berhasil menunjukkan bahwa kerukunan notaris Jawa Timur telah melahirkan proses demokrasi yang dapat menjadi contoh dan suri tauladan bagi seluruh Organisasi INI di wilayah Provinsi di seluruh Indonesia,

Tingkat keikutsertaan anggota INI Jawa Timur dalam konferwil yang agenda utamanya adalah pemilihan Ketua Perkumpulan mencapai hingga kurang lebih 65 Persen merupakan rekor tertinggi dalam proses demokrasi INI yang pernah diselenggarakan oleh INI Jawa Timur, atau mungkin bahkan tertinggi bila dibanding dengan konferwil,” terangnya.

Saya kembali mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para Notaris dan keluarga besar INI Jawa Timur, atas darma bhakti, partisipasi, dan kontribusinya selama ini ikut membangun bangsa dan negara, terutama dalam lalu lintas keperdataan di tengah masyarakat.

Heni mengatakan, Sebagai salah satu profesi hukum di bidang keperdataan, Notaris memegang peranan sangat penting dalam pengendalian laju pembangunan karena semua kesepakatan, perjanjian ataupun kontrak diantara warga masyarakat perlu kepastian dan perlindungan hukum.

Notaris yang memegang teguh prinsip etika dalam layanannya, yaitu: amanah, jujur, saksama, mandiri, dan tidak berpihak, merupakan harapan bagi masyarakat yang menggunakan jasa notaris dalam aktifitas perekonomiannya sehari-hari.

“Oleh karena itu, di usia yang sudah menginjak kurang lebih 116 tahun, organisasi INI diharapkan mampu mengayomi anggota selamanya, dapat menciptakan suatu ekosistem yang kondusif untuk selalu rukun saling belajar, menambah pengetahuan dan mambangun Integritas,” pungkasnya.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!