- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) Kodam XVI/ Pattimura menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, di Lapangan Upacara Makodam, Sabtu (01/10/2022).

Peringatan ini dilakukan dengan tujuan sebagai peneguhan Pancasila sebagai Ideologi Utama Bangsa Indonesia. Sejarah terbentuknya Hari Kesaktian Pancasila, tidak lepas dari peristiwa pemberontakan gerakan 30 September oleh PKI atau lebih dikenal dengan singkatan G30S/PKI. Karena itu peringatan Hari Kesaktian Pancasila diperingati sehari setelah peringatan G30S/PKI.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Kasdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Asep Abdurachman. Dengan melibatkan pasukan dari jajaran Kodam XVI/ Pattimura, dan PNS.

Kapendam XVI/ Pattimura, Kolonel Arh Adi Prayogo mengatakan upacara ini dilakukan sebagai penguatan ideologi di kalangan prajurit. “Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme. Nilai-nilai utama dalam butir-butir pancasila bisa dimaknai sebagai semangat untuk memperkuat jati diri bangsa,” ujar Kapendam.

Upacara ini dihadiri oleh Irdam XVI/ Pattimura Brigjen TNI Muhamad Muchidin, Kapoksahli Pangdam XVI/ Pattimura Brigjen TNI Syaepul Mukti Ginanjar, Asren Kodam XVI
/Pattimura, para asisten Kasdam XVI/ Pattimura, para pamen ahli Pangdam XVI/ Pattimura serta para Kabalak dan Dandat Kodam XVI) Pattimura

ads

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!