- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) WR Soepratman Desa Wisata Somongari Kecamatan Kaligesing dinobatkan menjadi Juara 1 dalam ajang Apresiasi Pokdarwis Kabupaten Purworejo Tahun 2023 yang digelar oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo. Atas prestasi itu, Pokdarwis WR Soepratman mendapatkan penghargaan berupa sertifikat, trofi, dan uang pembinaan.

Penyerahan penghargaan berlangsung pada malam pengumuman dan puncak penganugerahan Apresiasi Pokdarwis Kabupaten Purworejo Tahun 2023 di Ganeca Convention Hall Purworejo, Senin (20/11) malam. Penghargaan juga diberikan kepada juara 2 Pokdarwis Gunung Gajah Desa Pandarejo, juara 3 Pokdarwis Jetis Manis Desa Patutrejo, juara harapan 1 Pokdarwis Tirta Sejahtera Desa Cepedak dan juara harapan 2 Pokdarwis Cacaban Kidul Desa Cacaban Kidul.

Penghargaan secara simbolis diserahkan oleh Staf Ahli Bupati Tri Wahyuni, didampingi perwakilan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Porapar) Provinsi Jawa Tengah Supomo dan Kepala Dinas Porapar Kabupaten Purworejo Stefanus Aan Isa Nugroho. Besaran hadiah uang tunai untuk para juara adalah Rp8 juta, Rp7 juta, Rp6 juta, Rp5 juta, dan Rp4 juta.

Adapun lima finalis lainnya yang mendapatkan apresiasi adalah Pokdarwis Argojoyo Tlogokotes, Paduga Bagelen, Abadi Jaya Awu- awu, Gunung Wangi, dan Harapan Pucungroto. Para finalis mendapatkan hadiah berupa sertifikat.

Dalam sambutannya, Kepala Dinporapar Stefanus Aan Isa Nugroho menyampaikan bahwa dari 55 desa wisata yang telah diseleksi selama kurang lebih dua bulan, terpilih 10 dan sudah difasilitasi dengan menggelar produk serta langsung memasarkan produknya ke beberapa biro wisata di Jateng dan DI Yogyakarta.

ads

Dari 10 pokdarwis tersebut akhirnya diambil lima terbaik. “Yang lainnya bukan berarti tidak baik, namun hal ini agar dijadikan motivasi untuk menata diri, bersama-sama menjadikan pariwisata sebagai sektor penggerak perekonomian,” sebutnya.

Pihaknya berharap, 10 besar Pokdarwis terpilih dapat lebih baik lagi pada tahun depan.

“Pemerintah Kabupaten Purworejo juga berkomitmen menjadikan sektor pariwisata menjadi sektor unggulan menuju Purworejo berdaya saing 2025,” jelasnya.

Perwakilan Kadin Porapar Provinsi Jawa Tengah, Supomo, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada para pejuang desa wisata, kelompok sadar wisata. Apresiasi juga ditujukan kepada Pemkab Purworejo atas inisiasinya menyelenggarakan apresiasi Pokdarwis ini.

“Pokdarwis merupakan garda terdepan untuk memajukan pariwisata terutama di Kabupaten Purworejo, karena Purworejo memiliki letak yang sangat strategis,” kata Supomo.

Menurutnya pokdarwis telah dicanangkan sejak tahun 1991, tetapi pelaksanaannya sangat tidak mudah. “Tidak mudah mengajak dan menanamkan masyarakat untuk sadar wisata,” ungkapnya.

Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB) Agustin Peranginangin berharap agar apresiasi atau anugerah yang sifatnya kontestasi jangan hanya untuk menang semata. Namun, sejauh mana aspek-aspek pengembangan pariwisata telah dipenuhi.

“Jangan bangga bagi rekan-rekan yang akan mendapat apresiasi, karena yang hari ini mendapat apresiasi tahun depan harus ada pencapaian yang baik lagi. Dan bagi yang belum jangan berkecil hati,” kata Agustin.

Diharapkannya, seluruh Pokdarwis terus bergeliat, mengembangkan pariwisata yang ada di Kabupaten Purworejo.

”Siap tidak siap pariwisata Purworejo akan maju. Keinginan berwisata orang-orang sangat tinggi. Pokdarwis menjadi pelaku utama yang mempersiapkan desa-desa wisata di tempat kita,” tandasnya.

Sementara itu Plt Bupati Purworejo dalam sambutannya yang dibacakan oleh staf ahli Tri Wahyuni berharap agar ajang ini dapat memotivasi Pokdarwis lainnya untuk lebih bersemangat dalam berkreasi mengelola potensi wisata yang dimiliki. Menurutnya, Pokdarwis sebagai kelompok yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat sudah seyogyanya bersinergi dan bergerak beriringan dengan pemerintah daerah untuk bersama-sama meningkatkan pengembangan pariwisata desa masing-masing. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!