- iklan atas berita -

 

Metro Times (Surabaya) — Di dunia ini tidak ada kejadian atau peristiwa yang kebetulan. Baik tentang kelahiran, sehat, sakit, sembuh dan meninggal, semua itu melalui proses yang terukur berdasarkan proses sebab dan akibat. Tidak ada yang ngawur. Semuanya dirancang dan didesain dengan sempurna mengikuti kehendak Sang Pencipta ialah Allah SWT.

Prof. dr. Mohammad Yogiantoro, Sp. PD-KGH, FINASIM, Kepala Unit Hemodialysis RSUA Kampus C., mengatakan di seluruh dunia, penyakit kronik yang tidak menular (terutama penyakit jantung, dan pembuluh darah, hipertensi, diabetes mellitus dan penyakit ginjal kronik) telah menjadi ancaman utama pada kesehatan masyarakat maupun anggaran kesehatan.

Lanjut Prof. Yogi sapaannya menjelaskan, selain penyakit kronik akan menurunkan produktifitas penderitanya. Karena itu pencegahan penyakit kronik di harapkan dapat mengatasi sebagian besar masalah kesehatan dan krisis sosio-ekonomi dunia. Penyakit ginjal adalah penyakit yang umum dijumpai, berbahaya, tetapi dapat diobati. Penyakit ginjal dapat menyebabkan kematian dan kecacatan utamanya pada pasien Diabetes mellitus (kencing manis) dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

ads

Ginjal mempunyai 4 peran utama bagi tubuh kita,
1. Membuang “sampah” dari dalam tubuh kita.
2. Membuang kelebihan air.
3. Membuat serta mengatur hormon – hormon yang penting dalam tubuh.
4. Mengatur kimia tubuh.

Prof. Yogi memaparkan, gejala dan keluhan yang timbul karena penyakit ginjal yaitu,
1. Penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi).
2. Perubahan jumlah kencing dan beberapa kali kencing dalam sehari semalam.
3. Adanya darah dalam kencing.
4. Bengkak, terutama pada kaki dan pergelangan kaki, bengkak pada kelopak mata pada bangun tidur pagi hari.
5. Rasa lemah serta sulit tidur.
6. Kehilangan nafsu makan.
7. Sakit kepala dan tidak dapat berkonsentrasi.
8. Gatal-gatal, sesak nafas.
9. Mual dan muntah-muntah.

Menurut Prof. Yogi ,Mantan Kepala Instalasi RSUD Dr Soetomo,  ada delapan masalah yang dapat ditimbulkan oleh ginjal, tekanan darah tinggi, gagal ginjal, penyakit jantung dan pembuluh darah, serangan jantung dan stroke, kematian, penyakit tulang tertentu, kekurangan darah (anemia), dan kerusakan saraf (neuropati)

“Yang perlu dilakukan semua orang agar ginjal sehat yaitu, Berolah raga teratur, Berhenti merokok, Perhatikan kadar kolesterol, Kendalikan berat badan (lingkar perut laki-laki <90 cm, wanita <80 cm), Memeriksakan diri secara rutin ke dokter, Makan dengan menu yang seimbang, Hindari kekurangan cairan, dan Pelajari riwayat penyakit dalam keluarga, terutama orang tua,” jelasnya.

“Hasil dari upaya mencari kesembuhan tersebut, yang pada hakikatnya adalah sebuah ibadah tetap ada ditangan Allah SWT. Keputusan akhir tetap ada di qadla dan qadar nya Sang Pencipta sendiri,” pungkas Prof. Yogi. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!