- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Sejumlah pengurus badan koordinator daerah dilantik oleh pengurus Badan Koordinator Pusat Forum Kader Bela Negara (Bakorpus FKBN). Prosesi pelantikan kepengurusan daerah berlangsung di Pendapa Kabupaten Purworejo, Kamis (12/1/2023). Hal itu dilakukan guna memperkuat sumber daya manusia (SDM) nasional sebagai kebutuhan pertahanan dan kesadaran bela negara.

FKBN adalah lembaga resmi yang sudah disahkan secara hukum dibawah koordinasi Kementrian Pertahanan Indonesia. Pelantikan dihadiri langsung oleh Kepala Badan Pengawas Bakorpus FKBN, Mayjen (purn) Adi Daryanto.

“Peran keamanan di Indonesia tidak hanya menjadi tanggung jawab militer saja, namun bagi semua warga negara seperti kader FKBN ini,” katanya.

Pada pelantikan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, seluruh forkopimda dan para peserta yang hadir  mencapai ratusan orang dari seluruh ormas yang ada di Purworejo.

Adi menambahkan FKBN dibentuk sejak 2018. Namun resmi mendapat pengesahan dan persetujuan Kemenkum HAM pada tahun 2020 lalu.

ads

Menurutnya, organisasi FKBN tidak dapat berdiri sendiri dalam upaya membantu menjaga keutuhan bangsa dan negara. Lebih dari itu mereka harus saling bekerjasama dengan ormas dan forum bela negara lainnya yang ada di seluruh Tanah Air.

“Butuh kesadaran setiap warga negara untuk menjaga keamanan serta ancaman terhadap negara,” ujarnya.

Adi berharap, dengan adanya FKBN ini dapat menumbuhkan rasa tanggungjawab atas pertahanan dan keamanan nasional. Keutuhan bangsa dan negara, serta ideologi Pancasila.

“Semoga para kader yang dilantik hari ini dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya,” harapnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!