- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Prestasi membanggakan berhasil diraih oleh SMP Negeri 19 Purworejo di bidang kepramukaan. Belum lama ini, sekolah yang terletak di Jalan Magelang Kilometer 12 Purworejo tersebut menyabet predikat Gugus Depan (Gudep) Mantap Tergiat 1 Tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah (Jateng) Tahun 2022.

Penyerahan penghargaan berlangsung dalam Upacara Puncak Peringatan Hari Pramuka ke-61 Tingkat Kwarda Jateng yang dipimpin oleh Gubernur Jateng, H Ganjar Pranowo SH MIP, di Kebun Raya Indrokilo Kabupaten Boyolali, Rabu (31/8). Wisuda sekaligus penerimaan penghargaan dilakukan langsung oleh Ketua Kwarda Jateng, Hj Siti Atikoh Supriyani STP MT MPP, kepada Kepala SMP N 19 Purworejo, Drs Wahyudi Waluyojati MMPd, selaku Ketua Majelis Pembimbing Gudep. Hadir antara lain Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, bersama Ketua Kwarcab Purworejo, Drs Pram Prasetya Achmad MM.

Dalam kesempatan tersebut juga disematkan berbagai penghargaan, meliputi lencana melati, lencana darma bakti, lencana pancawarsa VII, lencana teladan pandega, lencana teladan penegak, lencana teladan penggalang, lencana teladan siaga, serta berbagai penghargaan lain.

Kepala SMP 19 Purworejo saat dikonfirmasi mengaku bersyukur dan bangga atas prestasi yang diraih. Menurutnya, capaian kali ini tidak lepas dari komitmen dan kesungguhan para guru yang menjadi pembina pramuka serta siswa dalam menjalani berbagai aktivitas kepramukaan. Lebih dari itu adanya dukungan penuh dari Kwarcab.

“Penghargaan Gudep Mantap Tergiat 1 Tingkat Kwarda Jateng Tahun 2022 ini semakin memotivasi SMP N 19 Purworejo untuk terus meningkatkan kualitas dan prestasi, khususnya di bidang kepramukaan,” kata Wahyudi Waluyojati, Jumat (2/9).

ads

Diungkapkan, prestasi di bidang Pramuka tidak cukup berhenti menjadi Gudep Mantap. Sebanyak 2 anak dari 4 anak pramuka garuda SMP N 19 Purworejo juga turut serta dalam ajang Jambore Nasional XI Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur pada tanggal 14 hingga 21 Agustus 2022. Keduanya yakni Mahatma Radiktya dan Febiaruna Maulidia.
“Harapannya ini menjadi inspirasi peserta didik lain hingga target 10 Pramuka Garuda tahun ini dapat terwujud,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Purworejo menyatakan bangga dan mengapresiasi prestasi yang diraih SMPN 19 Purworejo. Menurutnya, predikat Gudep Tergiat 1 sekaligus mampu menggambarkan prestasi para pembina, mulai dari Gudep hingga tingkat Kwarcab.
Pihaknya pun menaruh harap prestasi tersebut mampu memacu Gudep lainnya untuk mengembangkan ide kreativitas serta meningkatkan prestasi.

“Semoga ini juga bisa mendorong agar kegiatan kepramukaan sebagai sarana pembekalan karakter generasi muda semakin dilaksanakan dengan sungguh sungguh. Kwarcab mengapresiasi dan turut bangga atas prestasi,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!