- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Pada arus mudik Lebaran tahun ini, Polda Jawa Timur akan memeriksa seluruh masyarakat yang sedang dalam perjalanan ke kampung halamannya. Pemeriksaan ini dilakukan pada seluruh penumpang baik yang menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.
“Semuanya kita lakukan pemeriksaan yang masuk ke pelabuhan yang masuk ke terminal, stasiun maupun bandara,” kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, di Mapolda Jatim, Kamis (9/4).

Kapolda menyontohkan pada bus. Polisi nanti akan memberhentikan bus tersebut dan melakukan pemeriksaan pada penumpang satu per satu.

“Tadi saya sampaikan untuk bus akan diberhentikan diperiksa setiap penumpangnya satu persatu dan disemprot dengan cairan yang tidak membahayakan tubuh yang mengandung obat tapi tidak membahayakan,” jelasnya.

Jika ada penumpang yang diketahui memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat, akan diturunkan dari bus untuk mengikuti pemeriksaan lanjutan lainnya hingga dirujuk ke rumah sakit terdekat. “Apabila ditemukan mudik yang suhunya panas di atas 37 derajat akan disuruh turun dirujuk di situ ada tim medis nah dari situ baru nanti dirujuk ke rumah sakit,” jelasnya.

ads

Lalu, bagaimana dengan pemudik yang menaiki kendaraan pribadi? Luki menyebut kesemuanya juga tak lepas dari pemeriksaan petugas. Nantinya, mobil pribadi juga akan diberhentikan.

“Sama (diberhentikan). Tadi kami sampaikan ke seluruh jajaran bukan penutupan. Tapi kita memberikan perlakuan untuk pemeriksaan. Tidak ada PSBB kita lakukan pemeriksaan semuanya secara ketat, itu terkoordinir dengan SOPnya,” pungkasnya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!