- iklan atas berita -

Pemalang – Kecamatan Watukumpul, Desa Tambi (18/1/2024), Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan globalisasi, penting bagi anak untuk mengembangkan kreativitas sejak dini. Salah satu cara inovatif untuk melakukannya adalah melalui pelatihan kreativitas yang berbasis pada bidang arsitektur. Berangkat dari gagasan bahwa desain lingkungan dapat merangsang imajinasi anak, pelatihan ini memberikan tempat untuk anak mengekspresikan ide mereka. Mahasiswa KKN Reguler Tim 1 Universitas Diponegoro 2024, melakukan kegiatan pelatihan di SD Negeri 02 Tambi dengan tujuan untuk menggali potensi kreatif siswa melalui konsep arsitektur.

Selama kegiatan, siswa – siswi SD Negeri 02 Tambi diajak untuk memahami apa itu arsitektur serta bentuk bangun datar dan ruang sebagai pondasi awal sebelum beranjak ke model 3 dimensi. Mereka diberi kesempatan untuk bereksperimen melalui aktivitas kreatif dengan kertas dan karton untuk membangun miniatur rumah dan menciptakan kota impian mereka sendiri. Kegiatan pelatihan ini lebih dari sekedar belajar tentang arsitektur tetapi juga dapat membuka pikiran dan merangsang imajinasi mereka.

Hasil dari program ini adalah karya miniatur rumah yang menunjukkan tingkat kreativitas dan inovasi dari siswa dengan menggabungkan ide – ide mereka sendiri. Dengan demikian, pelatihan kreativitas anak melalui arsitektur tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, tetapi juga dapat mengembangkan anak untuk menjadi generasi penerus yang dapat berpikir secara kreatif dan inovatif.

Penulis : Kayla Devika Ayshwara (Arsitektur)
Dosen Pembimbing Lapangan : Marwini, S.H.I., M.A., M.S.I

ads

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!