- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) TNI Angkatan Laut. Cuaca yang menyengat tak menyurutkan semangat 150 mahasiswa/i STIkes Maluku Husada Prodi S1 Keperawatan dalam melaksanakan materi latihan problem laut yang diberikan oleh 17 Instruktur Tim Evakuasi Medis Laut (EML) Lantamal IX Ambon. Bertempat di area Pantai Dermaga Beaching Mako Lantamal IX Desa Halong kec. Baguala kota Ambon. Rabu (22/12/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan bekal keterampilan EML bagi Para Mahasiswa/i guna menunjang pengabdian mereka pada Masyarakat kelak. Maluku Sebagai salah satu provinsi kepulauan terluas, tidak terlepas dari aktifitas di laut. Sehingga keterampilan EML merupakan kemampuan yang dapat dijadikan suatu modal utama yang bagi Para Mahasiswa.

Lantamal IX sebagai salah satu institusi yang berperan lebih banyak di laut mempunyai kepedulian dalam hal pencegahan dan penyelamatan korban musibah di laut. Wujud kepedulian tersebut adalah memberikan bentuk praktek langsung yang memang sangat penting bagi mahasiswa STIkes Maluku Husada Prodi S1 Keperawatan sebelum terjun di medan pengabdian di pulau-pulau terpencil.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T. diwakili Asintel Danlantamal IX Kolonel Laut (KH) Drs Fahyudin, M.Si. menyampaikan sangat Mengapresiasi kegiatan tersebut karena merupakan bagian dari operasi militer selain perang (OMSP). Yaitu memberikan edukasi secara nyata dan tepat sasaran kepada mahasiswa guna menunjang pengabdian kedepan khususnya bidang kemanusiaan. Harapannya semoga kegiatan semacam ini bisa dipertahankan dan di tingkatkan guna meningkatkan profesionalitas.

Terselenggaranya kegiatan ini karena kerjasama antara Lantamal IX Ambon, STIkes Maluku Husada dan Rumkital dr. F.X. Suhardjo sekaligus dukungan Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal IX serta Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yomarhanlan) IX yang menurunkan 3 Perahu Karet berikut Motoris.

ads

Sebelum dilaksanakan kegiatan problem laut, terlebih dahulu Mahasiswa diberikan penjelasan tata cara penggunaan alat safety yang benar dan beberapa teknik penyelamatan maupun evakuasi di laut. Di awal pembekalan Para Instruktur berpesan pada para Peserta agar disiplin dan utamakan keselamatan personil maupun materiel. Goal kegiatan ini adalah ketepatan serta kecepatan dalam merespons sebuah musibah atau kecelakaan di laut.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini Para Mahasiswa STIkes Maluku Husada Prodi S1 Keperawatan
terlihat antusias. Adapun beberapa materi yang diberikan dalam Pelatihan EML tersebut adalah Pertolongan korban tenggelam secara perorangan, Pertolongan korban secara Tim, Pengelolaan Korban di Perahu Karet, Bertahan hidup di laut dengan tehnik uitemate serta Resusitasi Jantung Paru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!