- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Mengganasnya Covid-19 mengakibatkan sejumlah tenaga kesehatan dan non tenaga kesehatan di RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo terpapar. Kondisi tersebut disikapi oleh Pemkab Purworejo bersama manajemen RSUD untuk menutup sementara layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) hingga beberapa hari ke depan.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kasi Pelayanan 1 RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo, Suyatman AMK SE MM. Menurutnya, penutupan sementara layanan IGD itu telah disampaikan oleh Plt Direktur RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo, dr Kuswantoro MKes, melalui surat resmi kepada Pjs Bupati Purworejo tertanggal 2 Desember 2020.

Dalam salinan surat yang diterima media disebutkan 2 hal yang mendasar penutupan layanan IGD. Pertama, meningkatnya jumlah tenaga kesehatan dan non tenaga kesehatan RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo yang terkonfirm Covid- 19. Kedua, hasil Keputusan Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo pada hari Rabu tanggal 2 Desember 2020 pukul 15.00 – 16.30 WIB di Ruang Kerja Sekda Purworejo yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo dan dihadiri instansi terkait.

Dalam surat tersebut juga dirincikan beberpa tenaga medis dan non medis yang terpapar Covid-19. Di IGD terdapat 1 orang dokter dan 3 orang perawat. Di Instalasi Intensive care unit terdapat 1 orang dokter dan 4 orang perawat. Di Instalasi Rawat Jalan terdapat 1 orang dokter. Di Instalasi Penyuci Hama terdapat 1 orang pelaksana. Di Instalasi Radiologi terdapat 1 orang dokter. Berikutnya Bangsal Melati terdapat 2 orang perawat terkonfirmasi positif.

Menyikapi kondisi tersebut diputuskan beberapa langkah sebagai antisipasi mencegah bertambahnya tenaga medis dan non medis yang terkonfirm covid-19 serta untuk memutus rantai penularan baik antara petugas, maupun petugas dengan pasien/keluarga/masyarakat.

ads

Pertama, pemeriksaan swab masal kepada seluruh karyawan-karyawati dari tenaga medis, non medis sampai Satpam dan cleaning service pada tanggal 30 November sampai dengan 2 Desember 2020. Kedua, Penutupan sementara layanan IGD dari hari Kamis tanggal 3 Desember hingga Minggu 6 Desember 2020 pukul 00.00 WIB.

“Untuk sementara pelayanan IGD dialihkan ke Rumah Sakit sekitar,” kata Plt Direktur RSUD sebagaimana tertulis dalam surat.

Meski demikian, pelayanan lain di RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo tetap buka seperti biasa. (DNL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!