MetroTimes (Surabaya) — Ketua Gabungan Jalasenastri Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Ny. Etta Suhartono secara resmi membuka kegiatan Pelatihan dan sekaligus Lomba Master Of Ceremony dan Moderator di Gedung Betlegeus, Pusdiklapa, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Selasa (12/04).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan TNI AL (Hardikal) ke-76, yang biasa diperingati setiap tanggal 12 Mei. Hadir dalam pembukaan tersebut Wakil Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Agus Hariadi dan para Pengurus Gabungan Jalasenastri Kodiklatal, para Ketua Cabang serta para peserta lomba.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut, diawali dengan kegiatan Pelatihan MC dan moderator menghadirkan nara sumber dari Jakarta yaitu Ny. Anggie Wasito. Selanjutnya pada 13 April 2022 dilaksanakan Lomba MC dan moderator yang diikuti oleh perwakilan dari masing-masing Cabang Jalasenastri jajaran Kodiklatal.

Dalam sambutannya, Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Etta Suhartono menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada nara sumber Ibu Anggie Wasito yang telah menyempatkan waktunya untuk memberikan pelatihan MC dan Moderator kepada peserta.

Adapun tujuan diadakannya pelatihan ini adalah agar para peserta mendapat ilmu dan pengetahuan tentang cara berbicara sebagai MC dan Moderator yang baik, sehingga dapat muncul bibit-bibit baru dari masing-masing Cabang sebagai MC dan Moderator yang berpotensi.

Acara dilanjutkan dengan pelatihan dari narasumber yang memaparkan tentang Pintar Menjadi MC dan Moderator. Dalam paparannya Narasumber menerangkan tentang Pengertian dan peran serta tugas MC offline maupun tugas seorang MC dalam Webinar.

Pada pelatihan juga dijelaskan pengertian moderator, tugas menjadi moderator offline dan tugas menjadi moderator dalam webinar. Selain itu Ny. Anggie atau yang biasa dipanggil Madame Anggie ini menjelaskan pengertian Public Speaking lengkap dengan manfaat dan metodenya.

Penjelasan lainnya tentang Manners atau tata krama, Pengertian etika dan etiket diantaranya etiket berbicara, berjabat tangan, duduk berdiri dan berjalan serta berpakaian.
Selanjutnya dijadwalkan hari kedua, 13 April 2022 pelaksanaan lomba Master Of Ceremony serta Moderator yang diikuti oleh peserta perwakilan dari cabang 1 sampai dengan Cabang 7 Jalasenastri Kodiklatal. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini