- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) — Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Laksma TNI Budi Raharjo, pimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Latihan Praktek atau Lattek Widhayaka Pratama-5 Siswa Dikmaba XLII Gelombang 1 Kejuruan Polisi Militer TA. 2022. Apel dilaksanakan di Aula Gedung Adam Pusdikpomal, Mako Kodiklatal Surabaya pada Selasa (20/12).

Lattek Widhayaka Pratama-5 melibatkan 21 orang Siswa yang terdiri 17 orang siswa pria dan 4 orang siswa wanita (Kowal). Lattek dilaksanakan selama kurang lebih 31 hari, yakni dari tanggal 20 Desember 2022 hingga 20 Januari 2023 dan terbagi dalam 7 Tahapan antara lain Tahap Fungsi Polisi Militer, Tahap Menembak Kualifikasi, Tahap Dasar Polisi Militer,Tahap Operasi Militer Perang (OMP), Tahap Laut, dan Tahap Limed sebagai penutup.

Dalam lattek Widhayaka Pratama-5, bertindak sebagai Pimpinan Latihan adalah Dankodidukum Laksma TNI Budi Raharjo, sedangkan Dirlat adalah Danpusdikpomal Kolonel Laut (PM) Rus Indarto dan sebagai Palaklat adalah Komandan Sebapomal.

Sementara itu Dankodikdukum dalam amanatnya menyampaikan, melalui apel gelar pasukan selain untuk mengecek kesiapan peserta dan penyelenggara juga diharapkan rencana latihan yang telah disiapkan dengan matang dan cermat dapat terselenggara secara baik dan benar sesuai dengan skenario latihan .

ads

Lattek Widhayaka Pratama sendiri menurut Dankodikdukum merupakan upaya dari lembaga pendidikan mewujudkan secara nyata calon prajurit Pomal, yang mampu menegakkan aturan dengan arif dan bijaksana, serta selalu menjunjung tinggi prinsip kebenaran sekaligus menjadi teladan dan panutan dalam kedisiplinan dan kepatuhan terhadap hukum dan tata tertib yang berlaku.

“Laksanakan lattek ini dengan penuh semangat dan motivasi yang tinggi serta jaga dan pegang teguh nilai-nilai keprajuritan. Juga galang dan jalin hubungan kerjasama yang baik antar individu dan kesatuan dalam latihan, serta amankan seluruh inventaris yang menajdi tanggung jawab kalian,” tegas Laksma Budi Raharjo kepada seluruh siswa peserta lattek Widhayaka Pratama.

Perwira bintang satu ini menambahkan kegiatan Lattek Widhayaka Pratama ini merupakan wujud dari imbauan Dankodiklatal Letjen TNI (Mar) Suhartono, agar seluruh siswa menyiapkan fisik dan mental menjadi prajurit TNI AL yang tanggap, tanggon dan trengginas, serta profesional tangguh dan berkarakter yang merupakan implementasi program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yakni membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang Unggul. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!