- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) — Pendidikan Latihan Dasar Kemiliteran atau Diklatsarmil bagi CPNS dan PNS di lingkungan TNI AL sangat strategis, disamping sebagai kewajiban dasar, juga menjadi kehormatan bagi setiap warga negara yang penuh kesadaran dan tanggung jawab untuk rela berkorban kepada negara dan bangsanya.

Pernyataan tersebut disampaikan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, dalam amanatnya saat membuka pelaksanaan Diklatsarmil Pegawai Negeri Sipil (PNS) Golongan II dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) TNI AL dari berbagai Komando Utama (Kotama) TNI AL wilayah Indonesia, di Lapangan Samudera Puslatdiksarmil Juanda Sidoarjo, Senin (17/10).

Selain itu menurut Dankodiklatal, Diklatsarmil dapat dipandang sebagai upaya pelibatan seluruh komponen bangsa dalam penyelenggaraan bela negara. “Melalui kegiatan ini, saudara akan mendapat pembekalan lanjutan bela negara yang apabila sewaktu-waktu diperlukan dapat dimobilisasi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, “ ujar Dankodiklatal.

Kepada seluruh siswa Diklatsarmil, Dankodiklatal berpesan agar selama mengikuti diklat mereka siap secara fisik dan mental. Kemudian ikuti semua perintah instruktur, pelatih ataupun pembimbing siswa dengan senang hati, disiplin dan penuh rasa tanggung jawab. “ Semoga saudara berhasil menyelesaikan diklatsarmil dengan baik, sehingga meningkatkan kualitas pribadi sebagai CPNS/PNS Kemhan yang senantiasa mengutamakan kedisiplinan dalam segala hal untuk menunjang tugas-tugas saudara di unit organisasi TNI AL dimanapun berada, “ pungkas orang nomor satu di jajaran Kodiklatal tersebut.

ads

Sementara itu sebanyak 234 orang tercatat menjadi siswa Diksarmil PNS Golongan II dan CPNS TNI AL TA.2022. Selama kurun waktu satu bulan mereka akan mengikuti pendidikan dan latihan dengan beberapa materi tentang keprajuritan keangkatan lautan. Seperti Peraturan Kemiliteran Dasar (Permildas), Pengetahuan Senjata, Menembak Senjata Ringan, Pengenalan Kapal, Pengamanan Berita, Material Dan Personel serta Peraturan Dinas Dalam (PDD) khas TNI AL.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, Irkodiklatal Brigjen TNI Marinir Amir Faisol, Kapokgadik Kodiklatal Laksma TNI Nuryadi, para Direktur, Komandan Kodik, serta Komandan Pusdik jajaran Kodiklatal. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!