- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Sebanyak 595 Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan 43/2 TA. 2023, hari ini melaksanakan Upacara Pelantikan dan Penyumpahan Siswa yang dipimpin oleh Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, bertempat di Lapangan Candradimuka Puslatdiksarmil, Juanda Sidoarjo. Selasa (05/03/2024).

Dihadapan para Siswa Dikmaba TNI AL tersebut, Dankodiklatal mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan para Siswa menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan, dan pendidikan dasar golongan yang dilaksanakan di Puslatdiksarmil, dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti, sehingga saat ini para Siswa dapat mengikuti upacara pelantikan sekaligus penyumpahan Bintara TNI Angkatan Laut dengan pangkat Sersan Dua (Serda).

“Saya tekankan dan selalu saya ingatkan bahwa, pola pikir, pola sikap dan pola tindak para Siswa harus mencerminkan postur prajurit TNI Angkatan Laut, dimana semua perbuatan dan tingkah lakunya harus selalu dilandasi oleh jiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut”, ujar Dankodiklatal dalam sambutannya.

Dijelaskan Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, bahwa Kodiklatal sebagai bagian integral organisasi TNI Angkatan Laut memiliki peran strategis dalam mendukung terwujudnya kemampuan dan kekuatan Angkatan Laut yang profesional, modern serta tangguh guna mencapai kesiapan tempur dan kesiagaan operasi. Oleh karena itu, prajurit matra laut hasil didik Kodiklatal haruslah profesional dan tangguh sebagai Patriot NKRI guna menjaga kedaulatan di laut.

ads

Dankodiklatal juga mengatakan bahwa, sebagai rangkaian dari tahapan pendidikan yang harus diikuti, para Siswa akan melaksanakan pendidikan tahap dasar golongan lanjutan di Kodikopsla, Kodikmar dan Kodikdukum selama 5 sampai dengan 7 bulan sesuai kejuruan masing-masing.

“Tentunya para Siswa harus lebih bersemangat untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi dengan menanamkan disiplin dan tekad yang kuat, untuk mengikuti Pendidikan Tahap Dasar Golongan Lanjutan yang tidak kalah pentingnya dengan pendidikan yang telah para Siswa selesaikan di Puslatdiksarmil Kodiklatal ini”, pesannya.

Dalam kegiatan yang menampilkan demonstrasi olah raga bernama Chadrick Strength Conditioning (CSC), Kolone Senjata dan Bela Diri Militer, Dankodiklatal juga memberikan penghargaan kepada Siswa Bintara TNI AL Terbaik kepada Serda BAH Muhammad Sahdat Faisal Mandar dari Kompi C3-20, yang lahir di Ternate dan merupakan anak dari pasangan Bapak Faisal Mandar serta Ibu Nurdani Taher.

Turut hadir dalam pelantikan yaitu, Ir Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Ahmad Fajar, Kapokgadik Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Sarjito, para Direktur, para Dankodik, para Paban, para Danpusdik, Danpuslatdikasrmil, Danpuspeknubika, para Danseba jajaran Kodiklatal, serta para undangan lainnya.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!