- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Dalam rangka membangun soliditas antar Jajaran Penerangan TNI, Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Kodiklatal Kolonel Marinir Suharyono, mengikuti Rakornispen TNI Tahun 2024 melalui sarana video conference atau vicon dari Ruang Kerja Kadispen Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Selasa (05/03/2024).

Dengan mengusung tema, “Soliditas Jajaran Penerangan TNI Siap Mewujudkan TNI Prima Menuju Indonesia Maju”, Rakornispen TNI Tahun 2024 yang berlangsung terpusat di Aula Balai Wartawan Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur ini dibuka langsung oleh Inspektur Jenderal (Irjen) TNI, Letjen TNI Marinir Suhartono mewakili Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Bambang Ismawan.

Dalam sambutan Kasum TNI yang dibacakan Irjen TNI menyampaikan bahwa, diselenggarakannya Rakornispen TNI yang diikuti jajaran Dinas Penerangan TNI seluruh Indonesia secara langsung dan vicon tersebut, bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Bidang Penerangan Tahun 2023, juga sebagai forum penyelarasan Program Kerja dan Anggaran tahun 2024.

“Penerangan TNI adalah penjuru terdepan dalam mempublikasikan kegiatan dan kinerja TNI sebagai corong dalam transformasi informasi, jajaran Penerangan TNI dituntut untuk bekerja profesional serta bersinergi sesama komunitas Penerangan TNI, maupun instansi Penerangan lain baik di pusat dan daerah sehingga arus informasi yang selama ini dikelola oleh masing-masing satuan dapat disinergikan dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Hal ini sesuai dengan tema Rakornispen Tahun 2024 yaitu Soliditas Jajaran Penerangan TNI Siap Mewujudkan TNI Prima Menuju Indonesia Maju”, tegasnya.

ads

Sementara itu, Kapuspen TNI Mayjen TNI Dr. R. Nugraha Gumilar menyampaikan beberapa penekanan yaitu agar jajaran Penerangan TNI mengurangi publikasi yang bersifat naratif, namun menguatkan dalam bentuk visualisasi; Konten bukan hanya bersifat seremonial, harus berani menampilkan sisi humanis, lingkungan dan solutif untuk masyarakat; Responsif terhadap berita negatif di jajarannya/ tingkatannya dan jangan biarkan berita negatif semakin meluas; Membangun komunikasi dan koordinasi intens dengan publik, awak media di daerahnya, dan juga dengan Puspen TNI; Menyusun rencana setiap publikasi atau agenda setting agar semua tepat sasaran dan informasi dapat di kendalikan.

Pada bagian lain Dr. Dian Agustine Nuriman ,Founder & Principal Consultant NAGARU Communication yang menjadi narasumber utama menerangkan bahwa, sebagai seorang Humas atau Public Relations harus memahami dunia media, pengertian media, jenis-jenis media, cara kerja media, bahkan agenda setting dan framing yang diperlukan guna menghandle media dengan baik dan benar.

Sedangkan narasumber lainnya yakni Dede Farhan Aulawi yang berpengalaman mengajar di lingkungan TNI ini , membahas materi tentang Narasi Komunikasi Di Era Teknologi Informasi, yang mencakup bagaimana Peran Strategis Fungsi Penerangan, Optimalisasi Peran IT Dalam Mendukung Tupoksi dan Penerangan Konvensional vs 4.0, serta Tata Kelola Informasi sesuai Undang-Undang.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!