Metro Times (Purworejo) Keberadaan Embung Tlogoguwo di Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo mendapatkan perhatian dari Anggota Komisi V DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ir Sudjadi. Secara khusus, Sudjadi mengunjungi lokasi Embung Tlogoguwo untuk melihat langsung eksotisme embung yang keberadaanya dikelilingi gugusan pegunungan indah tersebut, Kamis (30/12).

Turut mendampingi Sudjadi antara lain, Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setiabudi SIKom Msi bersama Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, para kepala OPD terkait, Forkopimcam Kaligesing, serta sejumlah kepala desa se-Kecamatan Kaligesing.

Menurut Sudjadi, Embung Tlogoguwo merupakan salah satu embung hasil aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada dirinya. Pembangunan embung yang dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak tersebut merupakan upaya untuk terus meningkatkan jumlah tampungan air bagi para petani di Kabupaten Purworejo. Karena itu, pihaknya mendorong agar pengelolaan embung dapat dioptimalkan.

“Saya berharap, keberadaan embung ini dapat memberi manfaat kepada masyarakat Tlogoguwo khususnya, dan kepada para petani di Kaligesing pada umumnya,” kata Sujadi.

Diungkapkan, penyediaan sarana dan prasarana air salah satunya melalui pembangunan embung untuk ketahanan air dan ketahanan pangan. Di beberapa daerah, kata Sudjadi, tidak sedikit masyarakat yang masih kesulitan mendapatkan akses air untuk pertanian maupun pasokan air bersih untuk sanitasi.

“Ini (embung) di daerah-daerah lain rebutan lho, jadi saya berharap betul embung ini dapat dirawat dan dimanfaatkan dengan baik bagi perekonomian masyarakat,” sebutnya.

“Tadi saya juga sudah meminta kepada pak lurah untuk menghitung berapa luasan lahan pertanian yang dialiri embung ini, nantinya kita komitmen untuk bantu pembuatan intek atau saluran irigasi untuk mengaliri air ke lahan pertanian warga,” sambung Sujadi.

Selain sebagai pasokan air bagi petani, Sudjadi berharap Desa Tlogoguwo dapat memanfaatkan embung sebagai pariwisata.
Hal sedana diungkapkan oleh Dion Agasi Setiabudi. Menurutnya, keindahan embung harus dimaksimalkan oleh masyarakat agar dapat menarik wisatawan datang ke Desa Tlogoguwo.

“Saya kira keberadaan embung ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi para petani, tetapi juga dapat memberikan impact bagi perekonomian masyarakat melalui wisata,” ungkap Dion.

Sementara itu, Bupati Purworejo berharap ke depan embung tidak hanya dimanfaatkan untuk sumber perairan para petani, melainkan juga untuk sumber air baku bagi masyarakat.

“Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada pak Sudjadi karena selama menjadi anggota DPR beliau sangat aktif turun dan memperjuangan pengembangan infrastruktur di Kabupaten Purworejo. Saya kira warga Purworejo patut berbangga karena memliki anggota DPR RI yang sangat komitmen terhadap masyarakat Purworejo,” tandas Bupati. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini