- iklan atas berita -

Metro Times (Kab. Natuna, Kepri) Peran aktif seorang Babinsa dalam menjaga tradisi dan budaya gotong royong di lingkungan masyarakat, dilakukan oleh Babinsa Koramil 06/Serasan Kodim Natuna 0318/, Serda Yusrial Chaniago, terjun langsung dalam pembangunan rumah salah satu warga di Desa Air Ringau Kecamatan Serasan Timur, Sabtu (19/12).   

Keberadan Babinsa dalam pembangunan rumah tersebut merupakan bentuk kepedulian dan menjaga nilai-nilai budaya kearifan lokal di masyarakat, serta menjalin silaturahmi dan kerjasama dengan masyarakat di wilayah binaannya. Tampak terlihat kebersamaan dan kekompakan antara Babinsa dan warga, baik tua maupun muda dalam kegiatan gotong royong membantu meringankan beban sesama. Hal tersebut merupakan budaya yang harus dicontoh dan dilestarikan.

“Karena membantu meringankan beban masyarakat adalah tanggung jawab seorang Babinsa dan bentuk usaha bersama agar terjalin usaha saling membantu serta bergotong-royong, untuk menjaga kekompakan dan keharmonisan antara Babinsa dan warga binaannya,” ucap Serda Yusrial Chaniago.

Tidak sampai disitu saja, seorang Babinsa juga harus selalu sigap dan tanggap atas kesulitan dan kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat.

”Selain membantu membangun rumah, setiap personel Babinsa juga diminta untuk memberikan himbauan kepada warga, terutama dalam mentaati protokol kesehatan untuk antisipasi penularan covid-19,” terang Yusrial Chaniago.

ads

Sementara itu, Ibu Jaitunah ( 58 ), salah satu warga Desa Air Ringau mengaku senang, dengan keaktifan Babinsa di desanya. Masyarakat jadi lebih tenang.

”Kami senang dengan kehadiran Pak Tentara. Tentunya warga lebih semangat dalam bergotong royong membangun rumah,” katanya.

Di tempat terpisah, Komandan Kodim 0318/Natuna Letkol Arm Asep Ridwan, SH, M.Han mengatakan, seorang Babinsa harus selalu bersama-sama menciptakan desa yang aman, nyaman dan lingkungan bersih. Dengan berkerjasama, karena dengan gotong royong bersama segala sesuatu jika di kerjakan bersama-sama dan ikhlas akan terasa menjadi ringan.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan, kegiatan ini merupakan kebijakan dan perintah Pangdam 1/BB Mayjen TNI Hasanudin, S.I.P yang disampaikan kepada Danrem 033/WP Brigjen TNI Harnoto, S.Sos, dimana gotong royong dalam masyarakat harus tetap dilestarikan dan dijaga agar anak cucu dapat terus meneruskan kebiasaan baik untuk tetap saling bekerjasama antara masyarakat desa khususnya masyarakat dengan TNI. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!