- iklan atas berita -

Metro Times Kendal – SMK NU 05 Kaliwungu Selatan (NU5ELA) dipercaya Direktorat Vokasi Kemdikbud RI menyelenggarakan kegiatan pendidikan kecakapan kerja (PKK) bidang Mengelas dengan Las Busur.

Menurut Akhmad Supari kepala SMK NU 05 Kaliwungu Selatan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat peserta Diklat agar kembali produktif setelah pandemi, meningkatkan kompetensi baik pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman kerja di bidang welding/las.

“Harapannya pasca pelatihan ini seluruh peserta akan terserap oleh industri atau membuka usaha sendiri,” tutut Sapari, Kamis (30/9/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan di komplek pondok pesantren Al Ulya Kedungsuren diselenggarakan selama 20 hari mulai tanggal 30 September hingga 19 Oktober.

Pada kesempatan tersebut Anggota Komisi X DPR RI Dr Mujib Rohmat memberikan semangat pada para peserta untuk terus belajar meningkatkan kompetensi hard skill dan soft skillnya. “Kita berada di era kompetisi, maka kita harus berani bersaing, dengan kompetensi dan karakter yang kuat Insyaallah kita akan memenangkan kompetisi tersebut,” katanya.

ads

Anggota DPR RI asli Kaliwungu ini juga berjanji akan terus mendukung SMK untuk melakukan pendampingan pada masyarakat baik melalui program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) maupun program Pendidikan Kreatif Wirausaha (PKW).

Pihaknya juga berusaha terus membantu pendidikan warga Kendal melalui pengusulan PIP baik untuk siswa SD, SMP, SMK dan SMA.

Sementara itu ditempat yang sama Lytria Wandwiati, Kabid Penempatan tenaga kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Penta-PKK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Kendal menyampaikan bahwa saat ini industri garmen di kawasan industri Kendal (KIK) membutuhkan 6.500 tenaga kerja dan industri otomotif membutuhkan sekitar 3.000 tenaga kerja.

“Bapak Bupati Kendal berharap kebutuhan tenaga kerja tersebut akan dapat dipenuhi oleh angkatan kerja dari warga Kendal sehingga akan mengurangi pengangguran serta membangkitkan kembali ekonomi warga paska Pandemi,” ucapnya.

Pada Pembukaan kegiatan PKK tersebut juga diserahkan sertifikat ijin operasional Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK NU 05 Kaliwungu Selatan dari Disnaker Kendal. “Dengan bergabungnya BKK SMK NU 05 Kaliwungu di Disnaker Kendal ke depan kami berharap akan semakin memperkuat upaya kita memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat terutama warga kabupaten Kendal,” kata Anik Waka Humas SMK NU 05 Kaliwungu Selatan.(ar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!