- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purworejo tahun 2019 ditargetkan mampu menghimpun dana sebanyak Rp900 juta. Seluruh elemen masyarakat, pemerintah, maupun swasta diminta untuk mendukung pelaksanaannya mulai 2 September hingga 2 Desember mendatang.

Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Purworejo 2019 dikukuhkan oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian SE MM, di Ruang Arahiwang Setda Purworejo, Selasa (3/9). Dandim 0708 Purworejo Letkol Inf Muchlis Gasim MSi kembali mendapat amanah untuk menjadi ketua.

Wakil Ketua I Panitia Bulan Dana PMI Purworejo 2019, Drs Pram Prasetya Achmad MM, mengatakan bahwa kegiatan Bulan Dana PMI bertujuan mengajak masyarakat untuk dapat membantu meringankan beban masyarakat lain yang membutuhkan, dengan cara mengumpulkan atau menyisihkan sebagian hartanya ke PMI melalui kegiatan Bulan Dana PMI yang diadakan setiap tahun.

Sampai saat ini, kegiatan Bulan Dana PMI di Purworejo masih merupakan usaha dana yang diandalkan oleh PMI. Pasalnya, walaupun PMI sudah berupaya menggali dana dari usaha-usaha lain, hasilnya belum memadai.

“Adapun target pendapatan tahun 2019 sebesar Rp900 juta,” katanya.

ads

Dijelaskan, pendapatan Bulan Dana PMI digunakan untuk kegiatan PMI secara keseluruhan, yang dituangkan dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja PMI yang diputuskan dalam Musyawarah Kerja PMI pada setiap awal tahun anggaran.

“Pemanfaatan dari hasil Bulan Dana PMI tersebut digunakan 10% disetorkan ke PMI Provinsi Jawa Tengah dan 90% untuk kegiatan PMI Kabupaten Purworejo. Antaralain untuk program pelayanan penangangan bencana, pelayanan kesehatan dan sosial, serta program-program lainnya,” jelasnya.

Bupati Agus Bastian menegaskan bahwa Bulan Dana PMI merupakan momentum penguatan komitmen di bidang kesehatan, sosial dan kemanusiaan untuk mewujudkan cita-cita luhur mengatasi penderitaan sesama. Kegiatan ini merupakan bentuk konkret kerja bersama, yakni tolong-menolong dan bergotong royong untuk menyelesaikan tugas, utamanya terkait pesoalan kemanusiaan.

“Relevan dengan hal itu, saya mengajak kepada segenap masyarakat Kabupaten Purworejo, untuk senantiasa menumbuh kembangkan semangat gotong royong dan tolong – menolong yang positif dan konstruktif, dalam segenap aspek kehidupan. Insya-Allah apabila hal ini dapat kita lakukan dengan baik, maka semua permasalahan yang sedang dihadapi bangsa ini, akan dapat diselesaikan dengan mudah,” tegasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!