- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Capaian vaksinasi di wilayah Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo saat ini telah melampaui angka 70 persen lebih dan kasus Covid-19 semakin terkendali. Kendati demikian, warga tetap diminta untuk tidak lengah dan tertib dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Puskesmas Kecamatan Bener, Sudarto SKM MM, saat meninjau pelaksanaan Vaksinasi Massal Masyarakar Door to Door yang digelar bersama Badan Intelejen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah di Desa Sendangsari Kecamatan Bener, Sabtu (11/12).

“Dari sekitar 27 ribu warga sasaran vaksinasi, saat ini sudah ada sekitar 20 ribu warga yang tervaksin. Secara persentase berarti sudah sekitar 75 persen,” katanya.

Disebutkan, saat ini stok vaksin bagi warga yang tersebar di 28 desa se- Kecamatan Bener masih aman. Guna menjamin ketersediannya, pihak Pukesmas Bener bersama jajaran Muspicam terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purworejo.

ads

“Selama ini, kalau ada kekurangan, malam pun vaksin diantar. Kita terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar seluruh masyarakat di wilayah Kecamatan Bener ini tervaksin,” sebutnya.

Guna mengakselerasi vaksinasi, lanjutnya, Puskesmas menggandeng seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait. Strategi itu di luar jadwal rutin vaksinasi Puskesmas sebanyak 5 hari dalam setiap pekan.

“Kita terus menyisir ke desa-desa. Seperti hari ini, kita bersama Binda Jateng, Koramil, dan Polsek Bener mendekatkan pelayanan vaksin bagi warga di Desa Sendangsari ,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Karena itu, sejumlah langkah preventif tetap dijalankan untuk mencegah adanya kasus-kasus baru, terlebih pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang.

“Deteksi dini melalui pemeriksaan rapid antigen terus kita lakukan. Misalnya kepada para pendatang baru, warga yang hendak bepergian, atau pasangan pengantin, kita vasilitasi rapid antigen gratis,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Sendangsari yang juga anggota DPRD Kabupaten Purworejo dari Dapil VI, Sekar Ati Argorini, mengapresiasi kinerja pihak-pihak terkait dalam upaya percepatan penanganan pandemi, khususnya melalui percepatan vaksinasi. Berdasarkan hasil kunjungan dan pengamatannya di berbagai desa, kesadaran masyarakat untuk divaksin terus meningkat.

“Di wilayah Kecamatan Bener sangat bagus. Apalagi sekarang program vaksinasi lebih didekatkan ke desa-desa, sehingga minat masyarakat juga makin meningkat,” katanya.

Menurut Sekar, meningkatnya kesadaran masyarakat juga tidak lepas dari kerja keras para perangkat desa serta organisasi perempuan, mulai dari TP PKK hingga Dasawisma di tingkat paling bawah. Sebagai contoh, di Desa Sendangsari sosialisasi massif dilakukan dari rumah ke rumah.

“Saya lihat ibu-ibu PKK, Dawis, dan Posbindu aktif memberikan sosialisasi, baik terkait Prokes maupun manfaat vaksinasi. Tidak hanya secara langsung, hampir setiap hari melalui WhatsApp itu pasti ada sosialisasi,” ungkapnya.

Kendati kesadaran vaksinasi meningkat dan kasus Covid-19 cenderung terkendali, Sekar mengingatkan agar masyarakat tidak lengah. Jajaran Satgas Penanganan Covid-19 juga diminta untuk tidak bosan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Apalagi kita akan menghadapi masa libur Nataru. Kebijakan pembatasan yang dikeluarkan pemerintah harus ditindaklanjuti hingga ke tingkat desa,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!