- iklan atas berita -

 

 

Metro Times (Magelang) Untuk memastikan wilayah lereng Gunung Sumbing benar-benar aman dari kebakaran dan mencegah kebakaran susulan, Polsek Windusari Polres Magelang Polda Jateng melaksanakan patroli Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di area lereng Gunung Sumbing yang memasuki wilayah Windusari Kabupaten Magelang, Kamis (13/9) pukul 08.30 s.d 14.30 wib.

Dalam patroli Karhutla ini, Kapolsek Windusari AKP Mohamad Ahdi langsung memimpin patrolinya dengan ditemani 6 (enam) anggotanya dari Polsek Windusari Polres Magelang.

“Kami melaksanakan patroli ini guna melakukan pengecekan apakah masih ada titik api dan cek luas lahan yang terbakar” terang Kapolsek Windusari, AKP Mohamad Ahdi.

ads

Area kebakaran meluas hingga kurang lebihnya 100 hektare di wilayah Petak 2 Magelang, dimana untuk Luas wilayah Perhutani Windusari 112,6 hektare dan yang terbakar sekitar 70 hektare, dimana merupakan safana padang alang-alang, dan tidak merambah ke hutan manding dan pinus.

“Lokasi yang tidak terbakar paling atas semak belukar kering dan alang-alang dengan ketinggian 1 s.d 3 meter, di bawahnya merupakan hutan manding terdapat Pos 3, di bawahnya merupakan hutan pohon campuran terdapat Pos 2, dan paling bawah adalah hutan pinus terdapat Pos 1” tambah Kapolsek Windusari.

Pada hari sebelumnya, pemadaman di lereng Gunung Sumbing melibatkan dari BPBD Kabupaten Magelang, TNI, Polri, Perhutani, dan beberapa perwakilan relawan yang ada di Magelang, dan pada Rabu (12/9) pukul 16.00 titik api yang mengarah ke Magelang sudah padam, dan yang belum padam berada di sisi utara (arah Kabupaten Temanggung).

Kapolsek Windusari menambahkan, saat ini semua titik api di wilayah Windusari yang membakar petak 2A.1 (sekitar puncak Gunung Sumbing), terpantau sudah padam, dilaporkan pula sampai saat ini tidak ada korban jiwa, dan situasi di lereng Gunung Sumbing sampai saat ini sudah kondusif.

“Selain pengecekan titik api, patroli ini juga untuk memastikan tidak adanya korban jiwa di lokasi kebakaran, dan untuk pendakian di Gunung Sumbing untuk sementara di tutup” jelas Kapolsek Windusari, dalam keterangannya. (Arif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!