- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Dampak atau akibat dari penyebaran Covid-19 akan sangat terasa bisa menjadi krisis sosial ekonomi, khususnya bagi warga kecil yang bekerja hari ini dan hidup untuk hidup hari ini. Dampak ini juga bisa dirasakan bagi yang kesulitan akses untuk mendapatkan kebutuhan pokok pada hari itu juga. Bagaimanapun juga kebijakan “sosial distancing” atau menjaga jarak adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penyebaran Covid-19, walau mungkin akan terasa berat bagi sebagian saudara-saudara kita yang kurang beruntung.


Dengan dasar tersebut, Gerakan Solidaritas Magelangan (GSM), menginisiasi gerakan solidaritas kemanusiaan untuk warga terdampak krisis ekonomi akibat dari wabah Covid-19 terutama yang di wilayah Kota Magelang.

GSM sendiri pertama kali terbentuk oleh 6 orang, salah satunya Wakil Walikota Magelang. Dengan komitmen awal sosial kemanusiaan, membantu program pemerintah, dan membela yang paling lemah, GSM bertekad bulad berbagi dengan sesama.

“GSM dengan tangan dan hati terbuka serta sukarela menyiagakan diri untuk bekerjasama demi kemanusiaan, dengan berbagai pihak dan siapapun yang bersedia untuk membantu dalam bentuk apapun dengan mengungkapkan rasa solidaritas kemanusiaannya,” ucap salah satu pencetus GSM, Muhammad Nafi.

“Pada kesempatan ini juga, kami mengetuk hati para dermawan dan relawan kemanusiaan yang baik hati untuk bersedia bergabung bersama kami, baik dengan tenaga, pikirannya, dan wujud solidaritas apa pun, lebih-lebih bilamana bisa menyediakan barang-barang yang dibutuhkan untuk gerakan solidaritas ini,” tambahnya.

ads

“Tentu saja gerakan ini akan mengatur dan menyelenggarakannya secara tertib sesuai prosedur kesukarelawan yang bertanggungjawab,” jelasnya.

Sebagaimana prinsip untuk menjaga jarak/ “sosial distancing” dan prinsip untuk lebih mengutamakan yang lemah, GSM siap untuk menjadi jembatan dengan mendatangi dan mengantar langsung ke yang membutuhkan bantuan atau warga yang benar-benar membutuhkan. Dengan prioritas utamanya, GSM akan lakukan beberapa hal, antara lain :

1. Karena kelangkaan hand sanitizer dan masker standard SNI, maka GSM akan berusaha untuk menyediakan masker sesuai standard SNI dan menyediakan hand sanitizer dalam botol-botol kecil untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

2. GSM akan mencetak flyter-flyter sosialisasi cara-cara pencegahan penularan Covid-19 dan penggalangan solidaritas warga atas dampak yang ditimbulkanya.

3. GSM menerima sumbangan bahan makanan dan minuman untuk dimasak sesuai standard higienitas kesehatan di dapur umum yang sudah di persiapkan secara higienis dan akan mendistribusikannya kepada yang benar-benar membutuhkan.

Kegiatan tersebut akan dimulai pada hari Minggu, tanggal 22 Maret 2020 pukul 11.00 wib – selesai setiap harinya dan semoga bisa selesai tepat pada awal bulan April sebagaimana kebijakan pemerintah, 14 hari untuk menjaga jarak. Atau, bilamana dianggap perlu dan sesuai dengan kemampuan, GSM bisa melanjutkan sampai waktu kemudian ataupun dilanjutkan dalam kegiatan kesukarelawan yang mendesak di kemudian hari.

Wakil Walikota Magelang, Dra. Windarti Agustina bersama relawan yang lain terlihat antusias dengan kegiatan ini. Terbukti ia terjun langsung ke lapangan dengan memberikan sosialisasi tentang pencegahan virus corona, ikut membagikan masker, membagikan hand sanitizer, membagikan selebaran pencegahan virus corona, dan tidak lupa juga memberikan ratusan nasi kotak.

“Alhamdulillah kita yaitu GSM bisa berbagi dengan masyarakat Kota Magelang. Hari ini sebanyak 400 nasi kotak, masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan selebaran pencegahan virus corona bisa dibagikan kepada warga masyatakat Kota Magelang. Dan tidak hanya warga masyarakat saja, namun RST Dr. Soedjono Magelang juga kita bantu penyediaan masker mengingat masker juga dibutuhkan oleh para tenaga medis,” jelas Wakil Walikota Magelang.

Selain terlihat Wakil Walikota Magelang dan Muhammad Nafi dalam aksi sosial kemanusiaan ini, terlihat juga anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina, Ketua Komisi A DPRD Kota Magelang, Komisi C DPRD Kota Magelang, Pengusaha, dan para anggota GSM lainnya.

Bagi warga Kota Magelang ataupun warga dari luar Kota Magelang, yang akan ikut andil membantu donasi kepada GSM, bisa menghubungi atau berkomunikasi dengan Media Center GSM di bawah ini, dan laporan dari semua kegiatan GSM juga akan di laporkan secara bertahap.

Media Center GSM
Alamat: Jl. Diponegoro No. 110 Kota Magelang

Alamat surel: [email protected]

Info No. Rekening Donasi:
bisa menghubungi narahubung.

Narahubung:

+62 812255033 Ronnie
+62 8157911944 Windarti
+62 85329022222 Mimo
+62 81315016021 Nafi

“Donasi saudara-saudara semua adalah rezeki bagi yang kurang beruntung. Semoga menjadi amal baik bagi semuanya. Dan, atas solidaritas saudara-saudara semua, kami ucapkan terimakasih, semoga amal baik saudara-saudara semakin mempererat jalinan solidaritas kita sebagai Satu Bangsa Satu Nusa, Satu Tanah Air, Indonesia Tercinta,” tutupnya. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!