- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Gerakan Olahraga (Gala) Desa Kabupaten Purworejo 2019 yang sempat terhenti karena terkendala pendanaan akan segera dilanjutkan kembali. Hal itu menyusul telah cairnya alokasi anggaran APBN sebesar Rp150 juta melalui Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenprora) RI yang sempat tertunda.

“Dana untuk Gala Desa Kabupaten Purworejo 2019 sudah turun,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Purworejo Sukmo Widi Harwanto SH MM, saat dikonfirmasi metrotimes di kantornya, Selasa (19/11).

Disebutkan, Gala Desa Kabupaten Purworejo 2019 mempertandingkan sebanyak 5 cabang olahraga (Cabor). Dua pertandingan telah dilaksanakan, yakni Cabor Bola Voli di Kecamatan Bruno dan Cabor Sepak Bola di Kecamatan Kemiri. Sementara 3 Cabor lainnya yang tertunda pelaksanaannya yakni Tenis Meja, Atletik, dan Catur.

“Dengan turunnya dana dari pusat, pertandingan untuk 3 cabang olahraga yang tertunda akan segera dilanjutkan,” sebutnya.

Diagendakan, Cabor Atletik akan menggelar lomba lari 10 Kilometer dengan start di sekitar Kalijali Kecamatan Bayan dan Finish di Alun-alun Kabupaten Purworejo pada 23 November. Cabor Catur akan menggelar pertandingan catur massal di kawasan Alun-alun Purworejo pada 26 November. Selanjutnya Cabor Tenis menggelar pertandingannya di Kecamatan Bener mulai 30 November hingga 1 Desember.

ads

Secara resmi, Gala Desa telah diluncurkan oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH pada saat Upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 Tahun 2019 tingkat Kabupaten Purworejo di Alun-alun Purworejo 9 September lalu.

Menurut Sukmo, selain menjadi wahana penjaringan atlet potensial dari tingkat bawah, Gala Desa sekaligus menjadi media promosi olahraga kepada masyarakat luas.

“Gala Desa ini sudah yang ketiga kali kita gelar. Diharapkan even ini juga dapat meningkatkan derajat kebugaran masyarakat,” jelasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!