- iklan atas berita -

Metro Times (Kab. Natuna, Kepri) Markas Komando Distrik Militer 0318/Natuna atau Kodim 0318/Natuna adalah sebuah Komando Distrik dari Korem 033/WP. Kodim ini terletak di Jalan Batu Sisir, Desa Sungai Hulu, Kec. Bunguran Timur, Kab. Natuna, Provinsi Kepulauan Riau dan diresmikan pada 5 Juli 2006.

Kodim 0318/Natuna yang berada di gugus terdepan pulau terluar, membawahi 8 Koramil di tempat yang berbeda seperti halnya Koramil 01/Ranai terletak di Kota Ranai Kab. Natuna, Koramil 02/Tarempa terletak di Pulau Tarempa Kab. Anambas, Koramil 03/Sedanau terletak di Pulau Sedanau Kab. Natuna, Koramil 04/Letung terletak di Pulau Letung Kab. Anambas, Koramil 05/Midai terletak di Pulau Midai Kab. Natuna, Koramil 06/Serasan terletak di Pulau Serasan Kab. Natuna, Koramil 07/Palmatak terletak di Pulau Midai Kab. Anambas, dan Koramil 08/Pulau laut terletak di Pulau Laut Kab. Natuna.

Secara goegrafis wilayah teritoraial Kodim Natuna merupakan kepulauan paling utara di Selat Karimata. Di sebelah utara, Natuna berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja, di selatan berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Jambi, di bagian barat berbatasan dengan Singapura, Malaysia, Riau dan di bagian timur dengan berbatasan dengan Malaysia Timur dan Kalimantan Barat.

Wilayah Natuna berada pada jalur Pelayaran Internasional Hongkong, Jepang, Korea Selatan dan Taiwan. Ini terkenal dengan penghasil minyak dan gas. Cadangan minyak bumi Natuna diperkirakan mencapai 1.400.386.470 barel, sedangkan gas bumi 112.356.680.000 barel.

Wilayah teritorial Kodim 0318/Natuna yang kaya dengan alamnya sekaligus salah satu kebutuhan dunia baik itu melalui darat, laut dan udara. Dengan zaman seperti saat ini bisa saja terjadi ancaman keamanan yang berasal dari dalam maupun luar negara Indonesia.

ads

Dijelaskan Komandan Kodim 0318/Natuna Letkol Asep Ridwan SH M.Han untuk menghadapi ancaman tersebut, sebagai benteng pertahanan yang mempunyai peran penting untuk menjaga keutuhan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), salah satunya melakukan upaya dari segala sektor, baik itu di bidang pertahanan, bidang pembangunan dan lain sebagainya.

“Oleh karena itu di bidang pembangunan Kodim 0318/Natuna membangun tribun di Lapangan Tembak guna melengkapi sarana pelatihan personil Kodim Natuna dalam latihan menembak senapan triwulan,” tegas Dandim.

Tribun ini yang lagi proses tahap awal pembangunan bertujuan untuk mendukung pelatihan menembak senapan personil Kodim Natuna guna meningkatkan kwalitas dan kwantintas personil dalam menghadapi antisipasi ancaman-ancaman situasi panas global dunia.

“Peletakan batu pertama pembangunan Tribun Lapangan Tembak dengan harapan dan doa agar pembangunan tribun ini berjalan dengan lancar, ke depannya dapat melengkapi pelatihan menembak triwulan khususnya personil Kodim 0318/Natuna,” jelasnya, Selasa (20/10). (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!