- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Suratman, pemilik Kupat Tahu Pak Manthok, kini tidak hanya fokus menjalankan bisnisnya di Kupat Tahu Saja. Namun, kini bisnisnya juga merambah ke Kelapa Muda atau Degan.

Tidak hanya Kelapa Muda atau Degan biasa, namun bisa dibilang agak unik dari namanya. Yakni, ‘Degan Bakar Rempah’ dimana lokasi ini berada di Samping Jembatan Progo Plikon Bandongan.

Warung Girgo (Pinggir Progo) ‘Degan Bakar Rempah’ buka setiap hari, mulai pukul 09.00 s/d 19.00 WIB. Bagi penikmat Kelapa Muda atau Degan, belum komplit rasanya kalau belum mencoba Degan Bakar Rempah di Warung Girgo yang berlokasi persis di samping Jembatan Progo Plikon Bandongan.

Kelapa Muda atau Degan Bakar Rempah tidak hanya disajikan sendiri, melainkan kerap ditambah beberapa bahan campuran lainnya. Seperti gula aren, susu, jahe, serai, cengkih, kayu manis hingga madu. Kebayang, bukan hanya enak dan nikmat, namun juga banyak membawa manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

ads

Selain sebagai pelepas dahaga, Kelapa Muda atau Degan Bakar Rempah juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.
Seperti, menambah energi tubuh, mencegah dehidrasi, menghangatkan tubuh, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

“Silahkan datang langsung ke Warung Girgo samping Jembatan Progo Plikon Bandongan. Ada 4 macam menu yang kita sajikan, seperti Degan Glundung Biasa, Degan Bakar Biasa, Degan Bakar Rempah, dan Degan Bakar Rempah Susu. Sambil menikmati Degan Bakar, pembeli juga bisa menikmati keindahan Sungai Progo,” jelas Sang Empu Warung Girgo, Suratman, ketika wawancara dengan metrotimes.news, Rabu (29/09).

Meskipun caranya dibakar, Degan Bakar ini dapat dinikmati panas-panas atau di dinginkan dengan campuran es batu, tentunya sesuai dengan selera.

Selain air kelapanya yang nikmat ketika di minum, daging kelapa bakarnya pun enak di makan. Tekstur daging Degan Bakarnya tetap lembut dan tidak berubah meskipun sudah di bakar. Hanya rasanya saja yang sedikit berubah. Rasa daging Degan yang sudah di bakar, lebih mirip dengan rasa ubi ungu yang manis.

“Bagi saya, Degan Bakar Rempah ini merupakan minuman kesehatan dan tidak ada batasan usia untuk mengkonsumsinya. Selama dalam konsumsi batas wajar, Degan Bakar mampu menjaga kebugaran tubuh,” imbuh Suratman.

Hangatnya air kelapa muda bakar atau Degan Bakar ditambah dengan rempah-rempah, susu dan daging Degan di dalamnya, akan cukup membuat rileks dan menghangatkan tubuh. Meskipun toh tidak memiliki riwayat penyakit.

“Silahkan datang ke Warung Girgo, dan nikmati nikmatnya Degan Bakar. Di jamin ketagihan deh pokonya,” senyum Suratman. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!