- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Desa Kebon Gunung Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo terpilih sebagai Juara 1 Asistensi/Pemantauan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) Tingkat Polres Purworejo Tahun 2021. Adanya penghargaan itu diharapkan mampu memacu warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban sekaligus mendukung program Jogo Tonggo dalam rangka penanganan Covid-19 yang selama ini berjalan.

Penghargaan secara simbolis diserahkan oleh Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito SIK SH MM kepada Kepala Desa Kebon Gunung, Fatah Kusumo Handogo SE, dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-75 di Mapolres Purworejo, Kamis (1/7). Penyerahan disaksikan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, unsur Forkopimda, para pejabat di lingkungan Polres Purworejo, dan sejumlah tamu undangan.

Dikonfirmasi usai menerima penghargaan, Fatah Kusumo Handogo mengaku bersyukur dan atas penghargaan yang diterimanya. Prestasi kali ini menjadi motivasi bagi Pemerintah Desa bersama masyarakat untuk terus bersinergi dengan Polri untuk mengaktifkan Siskamling.

“Ini merupakan anugerah Allah SWT yang diberikan kepada kami, Pemdes dan seluruh warga Kebon Gunung. Dengan adanya amanah ini kita harus saling meningkatkan sinergitas guna menciptakan suasana kondusif, khususnya pada masa pandemi Covid-19 ini,” katanya.

ads

Disebutkan, Desa Kebon Gunung terbagi atas 5 dusun, yakni Diponayan, Ngaglik, Krajan, Sembuh, dan Kebon Gunung. Selama ini, ada sedikitnya 11 Poskamling yang aktif menjalankan program-program Siskamling.

Sejak digaungkannya program Jogo Tonggo oleh pemerintah dan Polres Purworejo, warga sekaligus menggerakan berbagai kegiatan untuk mendukung program tersebut.
“Beberapa kegiatannya antara lain ronda keliling tiap malam di pos-pos yang ada dengan menghidupkan pula budaya jimpitan berupa beras atau uang Rp500 rupiah. Keguanannya meliputi banyak hal, misal untuk dijadikan kas RT atau RW setempat, kegiatan sosial warga, serta mendukung Program Jogo Tonggo. Prinsipnya kita sepakat dari rakyat untuk rakyat,” sebutnya.

Terakit dengan kelanjutan penilaian ke tingkat yang lebih tinggi, pihaknya masih menunggu arahan dari Polres Purworejo. Namun, Pemdes bersama warga akan terus berupaya menjaga semangat menhidupkan Siskamling. Terlebih, pandemi Covid-19 masih terus melonjak dan belum tahu kapan berakhir.

“Kewaspadaan kita untuk mencipatakan kondusivitas keamanan dan ketertiban harus terus dijaga, apalagi belum juga menunjukkan tanda-tanda kapan akan berakhir. Tentunya kami mengharapkan kelanjutan kegiatan ini untuk memacu kekompakan warga,” ungkapnya.

Selain kepada Desa Kebon Gunung, Polres Purworejo juga menyerahkan penghargaan kepada Desa Ketangi sebagai Juara 2 dan Desa Tegalgondo sebagai Juara 3 penilaian Asistensi Siskamling. Kemudian untuk Penilaian Asistensi Posko Siaga Candi dan Posko PPKM Berbasis Mikro, juara 1-3 berurutan diraih Desa Bajangrejo, Kaliwatubumi, dan Bulus. (Dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!