- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Dion Agasi Setiabudi SIKom MSi resmi menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Purworejo setelah menjalani Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Purworejo, Kamis (26/9/2019). Karier politiknya yang cemerlang di usia masih muda seakan menuruni sang ayah, Dr Drs Rukma Setyabudi MM, yang sukses menjabat Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Dion, sapaan akarabnya, terpilih sebagai anggota DPRD pada Pemilihan Legislatif 2019 dengan perolehan suara yang meyakinkan. Mewakili Dapil I Kecamatan Purworejo dan Kaligesing, Dion berhasil memperoleh suara sebanyak 7.726. Angka tersebut merupakan yang paling tinggi di antara anggota DPRD lainnya.

Karier politik Dion dimulai ketika dirinya memutuskan untuk kembali ke kampung halaman dan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kabupaten Purworejo pada Pemilihan Legislatif 2014 lalu. Tidak banyak yang tahu, selepas menyelesaikan S1-nya di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan Tangerang, ia sempat bekerja sebagai wartawan di sebuah media di Jakarta selama lebih kurang dua tahun.

“Setelah itu, saya memutuskan untuk terjun ke dunia politik nyaleg melalui PDI Perjuangan dan terpilih. Di Pemilu 2014 saya menjadi anggota DPRD termuda,” kata Dion, Kamis (26/9/2019).

ads

Pria kelahiran Purworejo 7 Juli 1989 yang baru saja menyelesaikan studi S2 di Universitas Diponegoro ini mengaku bahwa cita-citanya memang menjadi seorang politisi. Cita-cita tersebut cukup beralasan mengingat kehidupan politik memiliki peranan penting untuk mewujudkan keadilan dan kemakmuran rakyat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di era demokrasi.

Kenyang dengan pengalaman berorganisasi sejak usia muda, membuat karier politiknya semakin gemilang. Tercatat, saat kuliah ia dipercaya sebagai Wakil Ketua BEM. Pengalaman lainnya adalah Ketua Pemuda Tani dan Ketua Banteng Muda Indonesia. Pengalaman-pengalaman tersebut menjadi bekal cukup berharga baginya ketika awal Juli 2019 lalu, ia dipercaya mengemban amanat untuk menakhodai DPC PDI Perjuangan Kabupaten Purworejo.

Oleh partai, dirinya juga dipercaya menjadi Ketua DPRD sementara lantaran PDI Perjuangan berhasil mendapatkan perolehan suara terbanyak pada Pemilu 2019 di Kabupaten Purworejo. Bahkan, DPP PDI Perjuangan kemudian menerbitkan rekomendasi jabatan Ketua DPRD Kabupaten Purworejo masa jabatan 2019-2024 kepada Dion.

Meski beban tanggung jawab yang diemban dipundaknya sedemikian berat, Dion mengaku optimis dapat menjalankannya dengan baik. Memang tantangannya adalah manajemen waktu. Ia berupaya semaksimal mungkin untuk bersikap profesional. Ketika menjalankan tugas kedewanan, baju partai ia tanggalkan. Ketika tugasnya adalah kepartaian yang jelas mengikuti instruksi partai.

“Karena kebetulan masih single, jadi lebih leluasa membagi waktu,” kata sang penghobi motor dan musik cadas ini.

Sementara itu, Rukma Setyabudi, saat dikonfirmasi usai menyaksikan pelantikan Dion Agasi mengaku yakin bahwa putranya mampu mengemban tugas dengan baik sebagai Ketua DPRD Kabupaten Purworejo. Tidak banyak arahan atau pesan yang diberikan mengingat apa yang dilakukan Dion selama ini telah mencermikan kepribadian dan kemampuannya.

“Saya hanya berpesan agar selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara, masyarakat kita, daripada kelompok, golongan, ataupun pribadi. Jabatan itu hanya amanah yang harus kita lakukan, itu saja. Kita tidak boleh takabur atau sombong,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!