- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Seperti angin segar bagi para guru honorer SD dan SMP, sebentar lagi datang peluang besar diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Dewan mendorong para guru honorer untuk mengambil kesempatan tersebut.

Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Purworejo, Tursiyati mengatakan, bagi masyarakat yang memiliki persyaratan dan berkesempatan mengikuti seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan PPPK jangan melewatkan kesempatan.

Ada 1896 kursi yang disediakan bagi tenaga pendidik. Tenaga Kesehatan (Nakes) juga ada untuk formasi CPNS sebanyak 102 orang dan PPPK 27 orang, begitu pula tenaga teknis 15 orang.

“Tahun ini Kabupaten Purworejo mendapatkan alokasi sebanyak 2.039 orang untuk diangkat menjadi CASN dan PPPK. Ambil kesempatan ini sebaik-baiknya,” ucapnya.

Ditegaskan, rekrutmen CASN dan PPPK kali ini dilakukan secara online, hal itu baik untuk menghindari kemungkinan nepotisme. Pemkab Purworejo belum lama ini mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang Ke-9, itu sebuah kabar baik sekaligus tantangan.

ads

“Jadi jangan dinodai WTP itu dengan Slintat Slintut (aksi main belakang) dalam rekrutmen CASN dan PPPK 2021. Dan jangan mentang-mentang saudara atau ada orang dalam jadi backing, hindari itu,” tegasnya.

Menurutnya, dewan sudah melakukan audiensi terkait penerimaan CASN dan PPPK 2021 ini Senin (24/5). Hadir dalam kesempatan itu Kepala BKD Kabupaten Purworejo, Nancy Megawati. “Melihat laporan BKD, kami jelas menyambut gembira seleksi CASN dan PPPK 2021 dengan kuota yang cukup banyak ini,” ujarnya.

Berdasarkan data BKD, kebutuhan CASN 2021 untuk jabatan guru kelas dan guru mapel usulan PPPK 1938 dan penetapan 1821 orang, guru agama Islam usulan 78 dan penetapan 75 orang. Tenaga kesehatan usulan CPNS 102 dan PPPK 27, penetapan CPNS 102 dan PPPK 27, dan tenaga teknis usulan 15 orang, penetapan 15 orang.

Jadwal tahapan pendaftaran seleksi dimulai 31 Mei hingga 21 Juni 2021, seleksi administrasi dan pengumuman hasilnya 1 Juni – 30 Juni 2021, masa sanggah 1 Juli – 11 Juli 2021. Pelaksanaan SKD CPNS (CAT BKN) Juli – September 2021. Seleksi kompetensi PPPK Guru (CBT Kemendikbud), Tes 1 Agustus 2021, Tes 2 Oktober 2021 dan Tes 3 Desember 2021. Pelaksanaan SKB CPNS September – Oktober 2021. Pengumuman akhir dan masa sanggah November 2022. Penetapan NIP CPNS dan Nomer Induk PPPK Desember 2021.

Sementara itu, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Irianto Gunawan mengungkpakan hal senada, pihaknya ikut mempersiapkan bagi rekrutmen PPPK tersebut. Khususnya guru honorer SD dan SMP yang berada dalam lingkupnya. “Persiapan kami diantaranya memberikan pendidikan kilat (Diklat) calon peserta seleksi disetiap Cabang PRGI Kecamatan,” ungkapnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!