- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Bumi Perkemahan Punthuk,yang  selama ini indentik sebagai tempat favorit bagi sekolah terutama dalam hal kegiatan siswa di bidang Pramuka. Termasuk sebagai lokasi lomba Pesta Siaga baik tingkat Kabupaten Purworejo maupun provinsi yang merupakan lambang supremasi kepanduan di tingkat lokal dan regional.

Ikon tersebut melekat selama puluhan tahun. Terletak di Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Purworejo, pada ketinggian bukit yang tersembul di jalur Sungai Bogowonto, Punthuk telah menjadi magnet tersendiri bagi dunia pendidikan di Kabupaten Purworejo.

Kini pesona Punthuk telah bertambah semenjak direnovasi sebagai Youth Center Bumi Perkemahan Arga Putra atau Heroes Park pada awal September 2019 lalu.

Pembangunan area publik ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Purworejo sebagai bentuk komitmen untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat Purworejo dalam hal pelayanan publik.

Dwi Putranto ST, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang yang ditemui Selasa (3/22) di lokasi menjelaskan, Heroes Park terhampar di areal seluas 1,5 Hektar dari total enam Hektar yang direncanakan.

ads

Heroes Park berupa taman yang dilengkapi dengan bangku serta lampu penerang yang memadai. Di lokasi itu juga dibangun pendopo, serta joglo.

“Tidak ketinggalan chapter Tunas Kelapa sebagai ikon dari Punthuk. Namun demikian tunas kelapa yang lama masih dan tetap berada pada posisi semula,” ujar Dwi.

Ia mengungkapkan, dengan anggaran senilai Rp 7 miliar, lokasi Buper Argo Putra juga dilengkapi mushola serta 28 toilet yang memadai dengan sumber air dari PDAM. Disamping itu juga dibangun toilet khusus untuk para difabel. Sehingga mereka dapat merasakan nyaman.

Untuk menjaga kebersihan, pada setiap sudut disediakan tempat sampah berukuran besar yang telah dipilah jenis sampahnya. “Dengan demikian sampah tidak menjadi masalah di tempat wisata ini,” kata Dwi.

Selain itu, untuk menambah keasrian dan keindahan Heroes Park, di segala penjuru ditanami pohon tabebuya berwarna kuning sebanyak 24 pohon. Pohon ini seperti halnya bunga sakura yang akan berbunga dengan indah pada waktu tertentu.

Dwi menambahkan, proyek yang dikerjakan oleh CV Barisan Jaya itu dikerjakan dalam jangka waktu 120 hari kalender terhitung sejak 3 September 2019. Rabu (4/12), kata Dwi, Alhamdulillah semua pekerjaan sudah selesai 100 persen sesuai dengan kontrak.

Pada master plan, di lokasi ini nantinya akan dibangun museum dan diorama serta toko suvenir dan area parkir. “Semetara ini para pedagang masih menempati tempat seadanya sambil menunggu dibangunnya lokasi berjualan yang telah ditentukan,” imbuh Dwi.

Lokasi ini diharapkan menjadi destinasi wisata baru, yang dapat dijadikan referensi sebagai tempat refreshing. Disamping juga dijadikan sebagai lokasi pertemuan bagi instansi maupun kelompok masyarakat sambil menikmati sejuknya Purworejo dari ketinggian.

Sektor ekonomi masyakarat sekitar diharapkan juga meningkat seiring dengan bertambahnya wisatawan yang berkunjung di lokasi Youth Center Buper Argo Putra ini. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!