- iklan atas berita -
Metro Times (Brebes) – Lembaga Survei Independen Survei Network (ISN) menempatkan Caleg DPR RI PDIP, Hj. Idza Priyanti, S.E, M.H Berpeluang Besar Melenggang ke Senayan Wakili Dapil Jateng IX.
Caleg DPR RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hj. Idza Priyanti, S.E, M.H, itu berhasil memuncaki hasil survei elektabilitas yang dilakukan Lembaga Survei Independen Survei Network (ISN).
Sebelumnya Survei ISN melakukan survei elektabilitas partai dan caleg DPR RI kepada perwakilan masyarakat di Dapil Jateng IX, meliputi Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Tegal
Dari hasil tersebut, ISN memastikan popularitas caleg DPR RI, dari nama-nama caleg yang dikenali oleh responden. Dari hasil ini, nama Caleg DPR RI dari Partai PDIP Hj. Idza Priyanti, S.E, M.H, meraih popularitas tertinggi dengan prosentase sekitar 22.05 persen. Disusul Dewi Aryani di posisi kedua dengan 18.18 persen, dan Shintya Sandra Kusuma posisi ketiga dengan 13.64 persen.
Selain itu, di antara 8 kandidat Caleg DPR RI dari PDIP, Perempuan yang dikenal sebagai Mantan Bupati Brebes 2 Periode ini berhasil mengungguli kandidat lainnya. Hasil ini diperoleh dari pertanyaan.
 “Jika Ibu/Bapak memilih Partai PDIP, dari 8 nama calon anggota DPR RI dari Partai PDIP berikut, mana yang akan Ibu/Bapak pilih?”
“Pertanyaan tersebut dijawab dengan sangat mudah oleh responden. Namun ada hal yang cukup mengejutkan dari survei yang kami lakukan, ternyata munculnya nama baru yang mempunyai elektabilitas tinggi di masyarakat Dapil Jateng IX,” kata Direktur ISN, Amin Mukhlisin, Minggu (28/1/24).
Amin membeber, salah satu nama baru yang muncul adalah Hj. Idza Priyanti, S.E, M.H, dari PDIP yang mempunyai nilai elektabilitas sebesar 43,48 persen. Disusul Dewi Aryani 30,43 persen dan Shintya Sandra Kusuma 4,35 persen. Kemudian belum menjawab 13,4 persen dan tidak jawab 8,70 persen.
 “Jika elektabilitas caleg yang paling popular di benak masyarakat Jateng IX indeksnya bisa dijaga, dipertahankan atau justru ditingkatkan, bukan tidak mungkin Hj. Idza Priyanti dari PDIP akan lolos ke Senayan dan PDIP dapat 3 kursi dari jumlah 8 kursi yang diperebutkan di Dapil IX Jawa Tengah,” terang Amin
Masih menurut Amin, adapun untuk elektabilitas dari partai, masyarakat Jateng X menempatkan PDIP di posisi pertama dengan 20.45 persen, disusul PKB 14.09 persen, Gerindra 5.91 persen, Golkar 5.23 persen, dan PKS 2.05 persen.
Amin menjelaskan, Survei ISN (Independen Survei Network) ini dirilis, Minggu (28/1/2024). Survei dilakukan pada 1 September 2023 hingga 28 Januari 2024 di 3 Kabupaten Kota di Dapil IX Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Jumlah responden survei sebanyak 442 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap.
Margin of error +/- 4,8 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 90 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka responden dengan bantuan/pedoman kuesioner.
“Adapun responden yang dipilih berdasarkan jenis kelamin perbandingannya 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan dengan basis Desa mencapai 90 persen dan kelurahan sebesar 10 persen,” tutup Amin. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!