- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Jajaran TNI, POLRI, Basarnas dan Komunitas Motor Trail yang tergabung dalam Natuna Trail Adventure Community (NTAC), melakukan Touring ke Kampung Segeram, Kelurahan Sedanau, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), pada Jumat (22/01) kemarin.

Touring tersebut disejalankan dengan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) yang di taja oleh aparat TNI-POLRI dan Basarnas, yang berada di daerah ujung utara NKRI. Baksos dilakukan guna meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, khususnya di Kampung Segeram.

Start Touring dimulai dari Makodim 0318/Natuna, Jalan Batu Sisir, Desa Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur. Dengan menggunakan motor trail, rombongan menempuh perjalanan sejauh 71 kilometer, dengan jarak tempuh sekitar 120 menit (2 jam).

Meski melalui medan yang sangat menantang, dengan melewati jalan berpasir, berlumpur, berlobang dan bergelombang, namun semangat para raider tak surut untuk menuju ke lokasi.

ads

Sepanjang perjalanan, para rombongan disuguhi pemandangan alam Natuna yang sangat memukau, yang mampu memanjakan mata mereka. Pepohonan besar yang tumbuh menjulang dihutan sekitar jalan menuju Kampung Segeram, ditambah udara segar yang bebas polusi, mampu menebus penat para raider menunggangi kuda besi mereka selama diperjalanan.

Sesampainya di Kampung Tua yang merupakan cikal bakal peradaban manusia di Pulau Natuna, rombongan langsung disambut hangat segelintir warga yang masih setia menghuni tempat terisolir tersebut.

Komandan Kodim 0318/Natuna (Dandim), Letkol (Arm) Asep Ridwan, SH. M.Han, yang memimpin rombongan mengatakan, agenda Baksos ini di lakukan selain untuk berbagi tali asih TNI-POLRI dan Basarnas kepada masyarakat Segeram, juga seraya untuk memberikan dukungan dan suport terhadap olahraga motocross di tengah masa pandemi.

“Makanya kita ajak gabung temen-temen dari NTAC, untuk ikut trabas ke Segeram. Agar mereka tetap semangat dan dapat terus menyalurkan hobinya, meski ditengah badai pandemi Covid-19,” ucap Asep Ridwan.

Dandim Natuna yang kelahiran Bandung Jawa Barat itu mengaku, bahwa pihaknya dari Kodim 0318/Natuna, bersama POLRI dan lembaga vertikal lainnya, sangat mendukung geosite-geosite di Natuna masuk ke dalam daftar Geopark Dunia, atau Global Geopark Unesco (GGU).

“Bulan Februari nanti kan kami akan melaksanakan TMMD ke-110 di Natuna. Jadi selain membuka jalan untuk sasaran fisiknya, kami juga akan melaksanakan kegiatan non fisik. Kegiatan non fisik salah satunya menyasar kepada 20 tempat wisata yang sedang diajukan oleh Pemkab Natuna ke Unesco. Intinya kami sangat mendukung agar wisata Natuna bisa Go Internasional,” tutur Asep Ridwan.

Sementara itu Kapolres Natuna, AKBP Ike Krisnadian, SIK, M.Si, yang juga ikut dalam Touring tersebut mengatakan, bahwa selain untuk melakukan Touring, kegiatan ini juga bertujuan untuk merajut tali silahturami antar FKPD, Komunitas Motor Trail dan masyarakat Natuna.

“Semoga Touring ini dapat memberikan dampak positif bagi industri pariwisata di Bumi Laut Sakti Rantau Bertuah ini,” jelas Kapolres Natuna. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!