- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) – Ketua Pengurus Gabungan (PG) Jalasenastri Komando Pembinaan Doktrin Pendidkan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Ny. Anti Dedy Yulianto mendampingi Ketua Umum Jalasenastri yang juga selaku Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Manik Siwi Sukma Adji membantu dan mendukung penyelenggraan kegiatan Pelatihan Ecoprint Yayasan Hang Tuah (YHT) cabang Surabaya, di Gedung R. Mulyadi, Kodiklatal Morokrembangan, Surabaya.

Pelatihan ecoprint yang merupakan peningkatan Sumberdaya manusia di bawah Yayasan Hang Tuah tersebut diikuti 40 Guru Seni dan Budaya Satuan Pendidikan (Satdik) Tingkat TK, SD, SMP, SMA dan SMK di bawah Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya serta 4 guru Paud binaan PG Jalasenastri Kodiklatal berasal dari Paud Mess Ampel, Paud Perumahan Wonosari 1 dan 2 serta Paud dari Perumahan Hang Tuah Ujung Surabaya

Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan Ecoprint ini merupakan salah satu program kerja Ketua Umum Jalasenastri dan Ketua pembina Yayasan Hang Tuah dalam rangka mempersiapkan personel TNI AL dan keluarganya termasuk keluarga Yayasan Hang Tuah sehingga memiliki kemampuan dan keterampilan Ecoprint yang diharapkan bisa membuka peluang lapangan kerja di bidang wira usaha serta dengan harapan dapat meneruskan hasil pelatihan ini kepada orang lain di lingkungan Yayasan Hang Tuah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

ads

Ecoprint adalah teknik memberi pola pada bahan atau kain menggunakan bahan alami dimana kita memanfaatkan dedaunan atau bunga yang tumbuh di sekitar lingkungan kita sebagai bahan dasar pengganti cairan kimia. Pewarnaan dengan menggunakan unsur-unsur alami ini tidak akan mengakibatkan kerusakan bumi. Ecoprint ini unik karena tidak bisa diulang  teknik sederhana yang tidak menggunakan mesin atau cairan kimia. Teknik ini mudah diterapkan di rumah dan dapat menghasilkan barang yang unik.

 Dalam pelatihan tersebut Ny. Manik Siwi Sukma Adji secara langsung memandu pelaksanaan Pelatihan Ecoprint dan didampingi oleh Ketua PG Jalasenastri Kodiklatal Ny. Anti Dedi Yulianto, Ketua Pengawas YHT Ny. Chichi Wuspo Lukito, Anggota Pengawas Daerah II Ny. Dien Mintoro Yulianto, juga turut ambil bagian dalam pelatihan ecoprint ini. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!