KIP Kuliah, KH Suyuthi Usul Kampus Berbasis Pesantren Diprioritaskan

0
1438
- iklan atas berita -

Metro Times Kendal – Pengasuh Pesantren Manbaul Hikmah Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah KH Suyuthi Murtadho mengusulkan agar manfaat KIP Kuliah juga sampai kepada kampus berbasis pondok pesantren.

Usulan tersebut disampaikan dirinya yang menyambut baik program temanKIP saat menerima kunjungan Koordinator Wilayah temanKIP Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Abdullah Syukri, Rabu (26/8/2020) kemarin.

Menurut KH Suyuti yang saat menerima kunjungan didampingi putranya, yakni, Gus Rifqil Muslim Suyuthi, KIP-Kuliah perlu memprioritaskan kampus berbasis pesantren. Hal ini mengingat banyak santri yang kuliah di kampus yang dikelola pesantrennya masing-masing sehingga sebarannya bisa merata.

“Kampus berbasis pesantren perlu diprioritaskan oleh temanKIP-Kuliah yang merupakan program strategis dan dapat membantu proses sosialisasi, mempermudah proses pendampingan dan mempersingkat proses penyelesaian hambatan,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Wilayah temanKIP Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Abdullah Syukri yang merupakan adik kelas Gus Rifkil saat mondok di Ponpes Al Anwar Sarang Rembang mengatakan, kunjungan dirinya dilakukan dalam rangka mensosialisasikan program beasiswa KIP Kuliah yang menjadi salah satu program prioritas pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM bangsa Indonesia.

ads

“temanKIP merupakan program kerelawanan sosial yang bertujuan agar beasiswa KIP Kuliah tertuju tepat sasaran,” terang pria yang merampungkan progam S2 di Jerman.

Menurutnya, program ini strategis dan penting agar pendidikan semakin merata.

“Santri saat ini jangan takut melanjutkan kuliah, karena ada beasiswa KIP Kuliah. Kami siap berkolaborasi dengan temanKIP khususnya untuk di wilayah DIY, agar santri dapat melanjutkan kuliah tanpa kesulitan biaya,” ujar Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) 2012-2015 itu.

Pengurus Besar (PB) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) juga menyampaikan, temanKIP akan terus melakukan sosialasi KIP Kuliah ke sekolah, pondok pesantren, dan berbagai komunitas di pelosok daerah sesuai dengan fungsi temanKIP yakni, mensosialisasikan program beasiswa KIP Kuliah seluas mungkin.

Disosialisasikan temanKIP di pesantren menurut dirinya sangat penting. Pasalnya, pesantren memiliki basis siswa yang cukup besar, jadi perlu dilibatkan dalam sosialisasi dan juga pendampingan.

Sebelum berkunjung di Ponpes Mambaul Hilmah Mororejo Kaliwungu, Abdullah Syukri telah melakukan sosialisasi temanKIP di Ponpes Sunan Pandanaran Yogyakarta pada minggu kemarin.

Seperti diketahui sebelumnya, temanKIP adalah program kolaborasi antara Stafsus Presiden RI Aminuddin Maruf dengan Kemendikbud RI dan Kemenag RI. Program ini sudah diluncurkan secara resmi pada awal Agustus 2020 lalu.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!