- iklan atas berita -

MetroTimes (Magelang) Kodim 0705/Magelang menggelar apel dengan para Danramil selama 2 hari (14-15/12) di Gedung Prajurit Kodim 0705/ Magelang.

Apel Danramil dan Babinsa ini dibuka langsung oleh Dandim 0705 Magelang, Letkol Inf Hendra Purwanasari, apel diikuti oleh 17 Danramil dan 83 Babinsa sekodim Magelang.

Dalam sambutan didepan para Danramil dan Babinsa, Dandim menjelaskan, pembinaan teritorial (Binter) sebagai fungsi utama TNI AD diselenggarakan oleh seluruh satuan jajaran TNI AD mencerminkan hakikat dan kedudukannya sebagai alat pertahanan negara di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Binter sebagai Fungsi Utama TNI AD, maka peran tugas pokok dan fungsi TNI AD, diarahkan untuk meningkatkan kemampuan keprajuritan yang handal, guna mewujudkan profesionalitas keprajuritan tingkat perorangan maupun satuan, dalam rangka menyelenggarakan Binter dan memantapkan Kemanunggalan TNI .

Selain itu, Dandim juga berharap agar tercipta wawasan para Danramil dan Babinsa yang semakin meningkat dalam mematakan kerawanan dan menyelesaikan permasalahan/konflik sosial yang aktual di wilayah binaannya. khususnya menghadapi tahun politik yang diawali dengan Pilkada serentak pada tahun 2018. dan dilanjutkan dengan tahapan Pileg serta Pilpres tahun 2019 mendatang, serta berbagai bentuk ancaman radikalisme yang aktual baik Nasional dan Internasional, sehingga lebih tepat dan kreatif dalam mengaplikasikan Binter dalam mengatasi masalah.

ads

Pentingnya peningkatan kemanunggalan TNI – Rakyat oleh Aparat Kowil sebagai motivator dan penggerak kesejahteraan rakyat guna mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat juga menjadi salah satu tujuan dan sasaran dari apel Danramil dan Babinsa.

Selama 2 hari, para Danramil dan Babinsa mendapat penyegaran ilmu tentang Pengetahuan Teritorial, Sikap Teritorial, Lima Kemampuan Teritorial dan Metoda Binter.

Selain menerima pelajaran dan penyegaran materi para peserta apel juga mempraktekan pembahasan study kasus yang kemungkinan terjadi di wilayahnya.

Diluar materi diatas, peserta apel juga menerima pelajaran dan sosialisasi tekhnik – tekhnik mencegah dan mengatasi bencana dan penanganan pengungsi secara manusiawi yang diberikan oleh Didik Wahyu dari BPBD Kabupaten Magelang.

Dari bidang ketahanan pangan, para Danramil dan Babinsa mendapatkan penyuluhan dan pelajaran tentang pertanian dari mulai penyiapan lahan hingga pasca panen. Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang mengutus Sriyana, salah satu petugas di Bidang Ketahanan Pangan untuk memberikan arahan dan penyuluhan terhadap Babinsa dan Danramil tentang upaya khusus peningkatan produksi padi dan jagung. Kerja sama antara Dinas Pertanian dan Kodim 0705/Magelang dalam bidang pertanian sudah sangat baik dan sampai saat ini masih berjalan. ( Arif )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!