- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Dedy Yulianto membuka Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikspespa) dan Pendidikan Dasar Kecabangan (Diksarcab) TNI AL TA 2019 yang digelar di Gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Hadir dalam pembukaan tersebut para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal Wadan Kodiklatal Laksma TNI B. Ken Tri Basuki, M.Si., (Han),CHRMP, Dirdiklat Laksma TNI Deny Septiana S.Ip., M.A.P, Dirum Laksma TNI Taat Siswo Sunarto, S.E., M.Si, Dirjianbang Laksma TNI I Wayan Suarjaya, S.Sos, Dirdok Laksma TNI Budi Purwanto, S.T., M.M, Dankodikopsla Laksma Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han) serta para Komandan Kodik dan Pusdik dijajaran Kodiklatal.

Pembukaan Dikspespa dan Diksarcab ini diikuti 210 personil yang selanjutnya akan menempuh penndidikan di tiga Kodik. Ketiga Kodik tersebut antara lain Kodikopsla Dikspespa Navdir, Komunikasi, Artileri, Senjata bawah air dan Hidro Aceanografi. Di Kodikdukum Dikspespa Teknik Teknik, Suplay, Senlek, Kesehatan,Pomal, Hukum, Informatika, Pendidikan dan Dikspespa Staf. Sedangkan di Kodikmar Diksarcab yang diikuti Siswa Korps marinir.

ads

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto dalam sambutanya menyampaikan bahwa Pendidikan spesialisasi perwira dan pendidikan dasar kecabangan marinir, akan dilaksanakan selama 5 sampai dengan 6 bulan. Adapun tujuan program Dikspespa adalah mendidik dan membekali perwira siswa TNI AL menjadi prajurit yang berjiwa pejuang sapta marga, memiliki kesamaptaan dan profesionalisme matra laut yang mampu berpikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan tuntutan tugas sebagai kasi, kasubsi atau perwira divisi masing-masing korps baik di KRI maupun satuan penugasan yang lain.

Sedangkan Diksarcab marinir bertujuan untuk mendidik perwira TNI AL korps marinir menjadi prajurit pejuang sapta marga yang profesional sesuai kecabangan masing-masing, sehingga dapat ditugaskan sebagai komandan kompi dan staf batalyon serta jabatan lain yang setingkat.

Melalui pendidikan pengembangan ini lanjut Dankodiklatal dilaksanakan pembekalan dan pemantapan profesi dan integritas pribadi para perwira, agar memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasi wawasan dan cakrawala pandang jauh ke depan sebagai pilar penopang bagi terwujudnya pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang semakin matang di dalam menyongsong penugasan yang akan datang.

Berkaitan dengan hal tersebut, output kodiklatal harus dapat memberikan tampilan terbaik bagi para pengguna, profesional dan modern serta berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global.

Oleh karena itu, di lembaga pendidikan ini para perwira siswa disiapkan menjadi calon-calon pemimpin yang andal di masa depan, tetapi keandalan yang dibutuhkan tidak saja mencakup kemampuan fisik dan penguasaan teknologi sistem senjata armada terpadu, tetapi sesungguhnya juga membutuhkan prajurit yang berkarakter dan memiliki integritas yang kokoh, semangat pengabdian dan pengorbanan yang tulus ikhlas disertai sikap pantang menyerah.(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!