- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Komisi A DPRD Kota Magelang mengadakan rapat dengan mengundang Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang dan Camat se-Kota Magelang. Guna membahas data terkait penerima bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19.

Acara dipimpin langsung oleh Ketua Komisi A Iwan Soeradmoko. Dilaksanakan di ruang Komisi A DPRD Kota Magelang, siang kemarin (4/5) pukul 13.00 WIB hingga selesai.

“Rapat ini terkait pertanggungjawaban validasi data penerima bantuan jangan sampai nantinya tidak tepat sasaran,” terang Iwan.

Diketahui, pendataan dan validasinya di mulai dari tingkat Kelurahan di Kota Magelang. Nantinya akan diajukan oleh Dinsos Kota Magelang kepada Kemensos sebagai data penerima bantuan.

“Kita harus mengetahui persis berapa jumlahnya, siapa saja orangnya yang dapat. Memang semua terdampak Covid-19 namun ada kriteria tersendiri yang benar-benar berhak menerima,” kata Iwan.

ads

Tambah Iwan, sampai saat ini belum mengetahui berapa jumlah data yang sudah valid. Untuk itu diadakan rapat guna mensinkronkan data antara Kelurahan hingga Dinsos.

“Jangan sampai data bertumpuk-tumpuk tidak karuan yang bisa menyebabkan masalah kepada bantuan yang akan di terima masyarakat,” ucap Iwan.

Sementara itu dari Kabid Linjamsos dan PFM Dinsos Kota Magelang, Praditya Dedy menjelaskan, pendataan dilakukan mulai tingkat Kelurahan dengan mekanisme masing-masing. Saat ini masih dalam tahap validasi data dan diusahakan segera selesai.

“Pada saat ini sudah ada usulan penerima bantuan sebanyak 10.000 penerima, akan kami ajukan ke Kemensos dan nantinya akan disesuaikan dengan ketentuan yang ada,” jelasnya.

Sementara itu untuk penerima bantuan bukan semata-mata yang terdampak saja. Namun ada beberapa kriteria yang digunakan untuk mengkualifikasi penerima bantuan.

“Yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nama harus valid dengan data di Catatan Sipil serta masih hidup. Sudah memasuki usia dewasa, warga diajukan bukan berpenghasilan tetap termasuk keluarganya. Warga tersebut juga bukan penerima program PKH dan sembako termasuk keluarganya,” pungkasnya. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!